DPRD Inhu Gelar Paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020
Jumat, 18-06-2021 - 20:18:46 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hari ini menyelenggarakan Rapat Paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Inhu, tentang Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 di ruang Rapat Paripurna DPRD Inhu, Jumat (18/06/2021).

Rapat Paripurna ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Inhu Masyrullah didampingi Ketua DPRD Inhu Samsudin dan Wakil Ketua DPRD II Suardi Ritonga.

Hadir dalam Rapat ini Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu, Hendrizal, perwakilan Forkopimda serta perwakilan OPD lainnya.

Dalam sambutannya Masyrullah mengatakan, menurut Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, menegaskan bahwa DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat yang mempunyai fungsi pembentukan anggaran dan pengawasan.

"DPRD adalah mitra sejajar Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, yang memiliki peran dan tanggungjawab mewujudkan efisiensi efektifitas, produktifitas dan akuntabilitas," katanya.

Pasal 320 ayat 1 menyebut bahwa kepala daerah menyampaikan rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD, dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan paling lambat 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Penyampaian rancangan peraturan daerah tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020 ini sekaligus penyerahan ranperda secara simbolis yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, Hendrizal.

Sekda menyampaikan, selama tahun 2020 pendapatan Daerah Kab. Inhu dianggarkan sebesar Rp. 1.451.073.078.043 dengan realisasi sebesar Rp. 1.475.277.777.361,02 atau 101,67% dari target.

"Persetujuan DPRD atas Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020 ini merupakan akhir dari siklus keuangan daerah selama satu tahun anggaran," kata Sekda.

Sekda berharap persetujuan Kepala Daerah dan DPRD tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu. Sekda juga menambahkan bahwa lima kali berturut-turut Inhu mendapat penghargaan WTP dan APBD yang selalu tepat waktu.

"Saya berterimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menbantu Pemerintah Daerah dalam penyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan dan kemasyarakatan di Kabupaten Indragiri Hulu," tutup Sekda.**/zi




 
Berita Lainnya :
  • DPRD Inhu Gelar Paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved