Pemkab Bengkalis Dapat Hibah 7 Ha Lahan untuk Lokasi Embung dan TPA
Selasa, 11-05-2021 - 08:42:54 WIB
Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso saat meninjau lahan
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menerima hibah 7 hektar lahan yang berlokasi di Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana.

Lahan hibah ini 2 hektar dari warga setempat yang bernama M. Zein dan 5 hektar lagi dari PT Tobe Indah di lokasi yang sama.

Seluas 2 hektar dari lahan tersebut rencananya diperuntukan bagi pembangunan embung, untuk mengantisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Kecamatan Bandar Laksamana, khususnya Desa Sepahat.

Camat Bandar Laksama, Acil Esyno menyebut, tanah 5 hektar tersebut akan diusulkan untuk dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Bandar Laksamana.

“Ini memang menjadi polemik bagi masyarakat, karena lahan ini memang tidak terurus dan mudah terbakar. Jadi kami mohon pihak terkait dapat memberikan penjelasan terhadap lahan yang diusulkan menjadi TPA Kecamatan Bandar Laksamana,” kata Acil.

Bupati Bengkalis diwakili Wabup Bagus Santoso kala menyusuri lahan yang dihibahkan tersebut, Senin (10/5/2021) mengucapkan terimakasih kepada jajaran PT Tobe Indah dan masyarakat, yang telah bersedia menghibahkan asetnya kepada Pemkab Bengkalis untuk kepentingan masyarakat Kecamatan Bandar Lakasamana.

“Saya berharap kedepannya kerjasama Pemkab Begkalis dengan perusahaan tetap terjalin dengan baik, sehingga sama-sama berguna bagi masyarakat Bengkalis," kata Wabup.

Ke depan Pemkab Bengkalis akan mengkaji terkait lokasi yang diusulkan untuk dijadikan TPA.

“ini akan kita runut bagaimana lahan ini akan kita berdayakan, dimana ada kita dengar konsep dari DLH untuk dijadikan TPA bagi Kecamatan Bandar Laksamana,” ucap Bagus Santoso.

Sementara itu terkait pembangunan embung, Wabup meminta berkas yang telah dihibahkan sejak 3 tahun lalu ini segera dilacak guna persiapan pembangunan embung.

Selain itu, Wide Fund for Nature (WWF) juga memberikan bantuan yang besar bagi Pemkab untuk pemberdayaan lahan guna menjaga api dengan menanam kayu alam, kopi liberika dan sagu.

“Ini adalah konsep yang saling mengisi. Ada embung, ada TPA dan juga ada WWF yang peduli untuk mengamankan hutan ini dari api dengan memberikan pemberdayaan penanam baik kopi, sagu maupun tanaman hutan,” lanjutnya.

Ikut dalam tinjauan lokasi hibah lahan tersebut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksan BPBD) Tajul Mudarris, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis  Zul Asri, Camat Bandar Laksamana Acil Esyno dan Kades Sepahat Muhammad Azlan.**/ris

 




 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Bengkalis Dapat Hibah 7 Ha Lahan untuk Lokasi Embung dan TPA
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved