Dodol Ketan Ayam Putih Pungguk Khas Tanah Putih Rohil Laris Jelang Lebaran
Rabu, 05-05-2021 - 00:32:39 WIB
Rahmat dan Danrem
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah kembali mendatangkan berkah bagi pedagang dodol ketan ayam putih pungguk khas Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan (TPTM), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau.

Dodol ketan ayam putih pungguk ini menjadi salah satu makanan yang banyak diburu oleh masyarakat selama bulan Ramadhan. Pesanan pun semakin meningkat, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Salah satunya yang banyak diburu adalah dodol ketan ayam putih pungguk buatan Rahmat Pantun bersama ibunya Faridawani, dan anggota keluarga lainya yang berada di Kepenghuluan Batu Hampar, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir, yang saat ini tengah kebanjiran pesanan.

Rahmat Pantun yang juga Ketua Badan Rohil Creatif Network (BRCN) Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dan Ketua Komunitas Tepak Sirih, mengatakan bahwa dodol yang dia produksi sudah sejak tahun 2017 dan sudah memiliki banyak pelanggan.

Bahkan setiap hari ada saja masyarakat yang datang untuk memesan dodol yang masih diolah dengan cara tradisional miliknya ini.

"Setiap harinya kadang selalu ada pembuatan dodol. Kalau bulan-bulan biasa, saya bikin dua kuali. Ramadhan tahun ini pesanan sudah mencapai 130 Kg untuk wilayah Rokan Hilir," ujar Rahmat Pantun.

Cara membuat dodol ketan ayam putih pungguk ini dimulai dengan mempersiapkan santan kelapa kental.
Kemudian santan kental dimasak di atas wajan atau kuali di atas tungku.

Santan dituang secara perlahan ke dalam wajan, disusul dengan tepung beras ketan dan gula pasir, sambil terus diaduk-aduk tanpa jeda, dengan mengunakan api besar sampai adonan menyatu dan mengental.

Setelah adonan dodol mengental, seterusnya dimasak dengan mengunakan api kecil dan bara api, sampai kehitaman dan berminyak. Setelah dirasa cukup matang, dodol dipindahkan kepanci serta didinginkan.

“Satu kali masak adonan bisa sampai 20 kg. Tergantung pesanan juga, dan proses pembuatan dodol bisa berlangsung 6-8 jam," kata Rahmat.**/fik

 




 
Berita Lainnya :
  • Dodol Ketan Ayam Putih Pungguk Khas Tanah Putih Rohil Laris Jelang Lebaran
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved