Khasiat Serai untuk Kesehatan, Obat Kanker Hingga Antiseptik
Jumat, 19-03-2021 - 05:04:25 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Serai atau Sereh adalah tanaman untuk bumbu dapur. Baunya yang khas membuat serai sering dimanfaatkan sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

Serai memiliki tekstur daun yang kasar dan tajam pada bagian sampingnya. Ketika daun disobek, wangi khasnya akan segera menyeruak. Bagian Serai yang biasa digunakan sebagai bumbu masak adalah batangnya.

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, ternyata terdapat aneka manfaat dan khasiat batang Serai untuk kesehatan. Banyak masyarakat yang mengkonsumsi serai ini dalam bentuk wedang serai atau mengolahnya terlebih dahulu sebagai minyak atsiri.

Beberapa manfaat dan khasiat batang serai adalah sebagai berikut :

1. Anti Kanker
Manfaat batang serai yang pertama adalah sebagai anti kanker. Batang ini mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel rusak atau sel yang berkembang secara abnormal. Uniknya lagi, senyawa citral akan membiarkan sel sehat tetap hidup tanpa mempengaruhi kinerjanya.

2. Mengatasi Diabetes
Meminum teh yang terbuat dari batang serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh serai dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Anemia
Serai disebut sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu, mengkonsumsi wedang batang ini secara teratur lebih ampuh mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat kimia.

4. Mengatasi Bakteri dan Jamur
Batang serai memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri. Hampir semua jeis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

5. Mengatasi Perut Kembung
Teh yang terbuat dari campuran batang sereh dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, meminum teh serai dapat mengobati masuk angin, perut kembung dan gejala yang menyertainya. Selain batangnya dapat diminum sebagai wedang, daun serai juga dapat diekstrak menjadi minyak atsiri yang juga dapat menghangatkan tubuh.

6. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Batang tanaman ini juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai mampu menetralisir racun. Sedangkan antioksidan dan Antiseptik di dalamnya akan membantu organ hati dan ginjal kembali bersih.

Efek yang ditimbulkan jika menggunakan batang tanaman ini sebagai media detoksifikasi adalah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan batang serai bersifat diuritik. Adapun air seni yang keluar merupakan air seni yang bercampur luruhan racun dalam tubuh.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat
Batang serai dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, anti-kolesterol yang ada pada batang tanaman serai akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga. sifat anti-aterosklerosis pada batang tanaman serai juga kan menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sehingga resiko jantung koroner dapat diminimalisir.

8. Menguatkan Sistem Saraf
Batang serai mengandung magnesium, fosfor dan folat yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Jika kesehatan saraf terjaga, tubuh akan lebih mudah melakukan aktivitas, mengingat sesuatu serta mengolah informasi.

9. Mengobati Penyakit Kulit
Sifat anti jamur dan antiseptik pada batang serai mampu mengobati penyakit kulit secara tuntas. Caranya, ambil batang serai lalu gosokkan pada area kulit yang ditumbuhi jamur. Mungkin akan sedikit terasa perih, namun cara ini akan membersihkan penyakit kulit secara total tanpa meninggalkan noda.

10. Menurunkan Tekanan Darah
Saat diolah menjadi teh, batang serai akan menghasilkan potasium dalam jumlah besar. Potasium ini nantinya akan memicu tubuh melakukan proses diurisis, yaitu proses penurunan tekanan darah dengan cara mengeluarkan natrium melalui urine.**/zie/int

 

 




 
Berita Lainnya :
  • Khasiat Serai untuk Kesehatan, Obat Kanker Hingga Antiseptik
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved