Hari Ini Gubernur Riau Luncurkan IRI untuk Program Perlindungan Hutan
Selasa, 16-03-2021 - 05:10:37 WIB
Gubernur Riau
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi hari ini, Selasa (16/3/2021) akan meluncurkan Interfaith Rainforest Initiative (IRI) Chapter Riau, program pemberdayaan kelompok agama untuk perlindungan hutan, perubahan iklim dan masyarakat adat Provinsi Riau.

Menurut Direktur Program IRI, Dr Hanafi Guciano, M rencana Kerja IRI Indonesia tahun 2021 membuka program di empat provinsi yakni Riau, Kaltim, Papua dan Papua Barat.

Dalam rilisnya yang diterima media, Senin (15/3/2021), Hanafi mengatakan, IRI merupakan inisiatif kelompok agama dunia bekerjasama dengan UNEP dan Religion for Peace, yang saat ini memiliki program di 5 negara yakni Kongo, Indonesia, Kolumbia, Peru dan Brasil.

Fokus kegiatan IRI berupa peningkatan pengetahuan kelompok agama akan isu kerusakan hutan dalam bentuk kampanye dan pelatihan di daerah yang sangat tinggi kerusakan hutannya, dan pengaktualisasikan ajaran agama dengan mengajak umat beragama yang sekaligus memberdayakan masyarakat adat untuk melindungi hutan.

Di Indonesia, IRI saat ini didukung oleh majelis agama seperti MUI, Muhammadiyah, NU, PGI, KWI, Permabudi, PHDI dan Matakin dan 3 LSM (CSF, AMAN, Econusa) serta akademisi dari IPB dan UNAS.

Dijelaskan Hanafi, dalam launching IRI Riau akan dihadiri tokoh-tokoh agama dari enam agama di Indonesia, LSM lingkungan, akademisi di daerah target dan masyarakat adat di pinggir hutan.

Dalam peluncuran IRI Riau juga akan digelar panel diskusi dengan menampilkan tiga pemateri masing-masing Prof. Bambang Hero dengan materi diskusi Deforestasi Riau, Prof. Rizaldi Boer mengangkat tema Perubahan Iklim dan Datuk Seri Al Azhar tentang Masyarakat Adat.

IRI Indonesia berharap dengan meluncurkan program IRI Chapter Riau bisa mendorong pemuka agama, LSM dan juga pemerintah bisa menghentikan kerusakan hutan alam di Riau, memulihkan dan mengembalikan fungsi hutan sebagai habitat satwa, serta memelihara keanekaragaman hayati yang rusak.

IRI dalam press rilisnya juga menjelaskan, hutan tropis adalah paru-paru dunia yang kian hari kondisinya semakin memprihatinkan akibat maraknya pembalakan liar, pembakaran hutan, eksploitasi sumber energi yang berlebihan, hingga praktik membuang sampah sembarangan.**/ril

 




 
Berita Lainnya :
  • Hari Ini Gubernur Riau Luncurkan IRI untuk Program Perlindungan Hutan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved