Kreasi Pagar Bambu yang Unik untuk Memperindah Rumah
Senin, 22-02-2021 - 09:27:51 WIB
TERKAIT:
 
 

PEKANBARU - Bambu merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat tampilan rumah terlihat lebih alami dan natural. Jika zaman lalu bambu digunakan di rumah yang ada diperkampungan karena memang lebih murah, zaman sekarng bambu justru banyak diburu masyarakat perkotaan dan desainnya juga sudah bermacam-macam.

Nah, jika memang tertarik untuk memiliki sebuah pagar dari bambu yang unik, tentu langkah terbaiknya adalah memilih terlebih dahulu desain atau model pagar tersebut. Juga perlu diingat, pagar memang menjadi salah satu bagian rumah yang digunakan untuk melindungi rumah tetapi pagar juga memiliki fungsi sebagai pembatas antara rumah kita dengan lingkungan luar rumah atau tetangga.

Sejatinya pagar memiliki peranan penting dalam menjaga rumah agar rumah kita tidak memiliki akses langsung dengan lingkungan di luar rumah. Selain itu, juga pagar kerap digunakan untuk membatasi jikalau kemungkinan adanya hewan ataupun orang yang tidak kita kenal masuk ke rumah kita.

Terlepas dari fungsi pagar tersebut, tentunya kita juga membutuhkan beberapa pertimbangan dalam memilih model pagar. Hal ini dikarenakan model pagar berpengaruh besar terhadap tampilan rumah. Seperti misalnya pagar bambu yang identik dengan kealamiannya. Dengan begitu, jika kita memasang pagar bambu untuk halaman rumah kita, maka akan memberikan tampilan yang lebih natural. Selain itu, pagar bambu dinilai cukup ekonomis untuk digunakan material dalam membuat pagar.

Saat ini banyak sekali desain-desain mengenai pagar bambu yang bernilai seni tinggi. Desain dan model pagar bambu bukanlah desain pagar yang kita ketahui sebelumnya. Namun, pagar bambu untuk saat ini didesain secantik dan juga seunik mungkin agar dapat memberikan tampilan yang lebih menakjubkan untuk halaman rumah. Jika didesain dengan tampilan yang unik, ternyata pagar bambu tidak kalah menariknya dengan model pagar dari material lainnya.

Selain itu, pagar dengan material dari bambu tentunya saat ini masih sangat mudah untuk didapatkan,  dikarenakan bambu dapat dengan mudah kita beli dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, bambu menjadi salah satu material yang sangat mudah untuk dibentuk dan juga didesain menjadi pagar unik seperti apa yang kita inginkan.

Pada umumnya, berbagai jenis bambu dapat digunakan untuk pagar rumah, namun hal ini tergantung dari bagaimana desain serta model pagar yang kita inginkan. Tetapi memang untuk rumah mewah, pagar bambu tidak terlalu cocok.

Berbagai Model
Misalnya, tampilan pagar dibuat dengan bentuk yang miring. Tampilan pagar ini memang jarang digunakan dan termasuk ke dalam tampilan pagar yang unik. Dalam membuat jenis pagar tersebut tentunya kita dapat membentuk bambu secara memanjang seperti pada desain pagar bambu pada umumnya. Dengan menyiapkan bambu berukuran panjang, tentu kita dapat dengan musah menyilangkan bambu menjadi pagar,

Selain tampilan pagar bambu yang dibentuk menyilang, juga ada yang dibuat melengkungkan bambu untuk dijadikan sebagai atap pada pagar bambu unik. Jenis pagar tersebut tentunya kita tidak harus membentuk pagar dalam bentuk yang sudah dipipih terlebih dahulu, cukup memasang pagar bambu dengan cara memotong bambu panjang sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Bentuk pada pagar bambu tersebut tentunya akan lebih mudah untuk dibuat, namun tetap memiliki tampilan yang sempurna.



Begitupula dengan tampilan bambu yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Setelah itu, kita dapat menyusun bambu tersebut untuk dibentuk menjadi pagar yang ditahan oleh bambu berukuran panjang. Alangkah lebih baik jika memasang pagar dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi agar rumah tidak terasa sesak. Meskipun terbilang cukup sederhana, namun tetap saja tampilan rumah akan lebih menarik dengan pagar bambu unik tersebut.

Kemudian, jika pagar bambu umumnya dibuat dengan bentuk yang rapat, tentu tidak ada salahnya jika kita membuat pagar bambu lebih rengang. Sedangkan untuk bagian pintunya, pagar bambu yang dibuat dapat lebih rapat dengan material kayu sebagai untuk rangkanya.

Tidak hanya bambu yang sudah berumur tua, namun dengan tanaman bambu hias sekaligus berumur masih muda juga bisa menjadi pilihan alternatif . Bagaimanapun juga, tanaman bambu hias akan memberikan tampilan yang lebih cantik dan juga menarik bagi rumah. Jika  memilih tanaman bambu hias, tentu sangat mudah untuk membuat pagar. Buatlah potongan bambu dengan ukuran sekitar 1 meter atau sesuai dengan yang  diinginkan.

Kita juga bisa memanfaatkan bambu biasa untuk digunakan sebagai pagar rumah. namun terlebih dahulu bambunya yang sudah dipotong sebelumnya diwarnai terlebih dahulu agar tampilan pagar rumah menjadi lebih menarik untuk dilihat. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, maka kita tidak harus membeli tanaman bambu hias. Cukup dengan membeli tanaman bambu biasa agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Ada juga tampilan pagar bambu yang dibuat dengan desain yang sangat sederhana namun tetap indah. Jenis bambu yang bisa digunakan yakni jenis bambu kuning dimana kita dapat menyusun bambu kuning tersebut berjajar tanpa dibentuk apapun. Bambu kuning tentunya akan memberikan tampilan yang lebih alami dibandingkan dengan bambu yang sudah dicat sebelumnya.

Meskipun terbilang jarang digunakan untuk pagar rumah, namun bambu besar tetap saja memiliki tampilan yang menarik saat digunakan untuk bahan pagar rumah. Bambu jenis ini memang kerap digunakan untuk perkebunan. Bahan bambu ini bisa digunakan untuk tampilan pagar simpel. Bbentuk bambu memanjang dan pipih. Setelah itu, kita dapat memasang pada bambu dengan ukuran yang panjang dengan bentuk yang horizontal. Pasanglah bambu tersebut dengan bentuk menyilang agar tampilan pagar rumah menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Bagi yang tidak ingin rumah dan juga keadaan rumah diketahui oleh orang-orang dari lingkungan luar, tentunya kita bisa memanfaatkan bambu yang disusun dengan rapat dengan ukuran yang cukup tinggi. Dengan menggunakan bambu berukuran sangat kecil, kita menyusun bambu tersebut dengan diikatkan pada kayu penyangga.

Jika kita memiliki rumah yang terbilang cukup luas serta ingin memberi pembatas dengan lingkungan luar. Maka, tidak ada salahnya untuk membuat model pagar yang cukup simpel dan juga pendek, sehingga padangan dari luar ke bagian dalam pagar masih akan terlihat dan kesan rumah juga nampak bersahabat.

Kemudian ada model pagar bambu yang pada umumnya kerap digunakan di daerah pedesaan untuk melindungi tanaman di kebun. Akan tetapi, saat ini model pagar bambu tersebut kerap dibuat sebagai pagar di halaman rumah, tentu saja model pagar bambu ini sangat mudah untuk dirangkai dan juga dibuat sesuai dengan keinginan, sebuah model pagar yang cukup simpel, namun memiliki tampilan yang luar biasa. Dengan ukuran yang cukup tinggi tentunya memiliki peranan yang cukup penting dalam melindungi rumah/

Kemudian ada pagar bambu yang membuatnya tidak perlu memiliki desain yang sangat ramai, namun cukup dengan membentuk bambu yang sudah dipotong-potong sebelumnya menjadi persegi empat. Pagar bambu tersebut menjadi alternatif bagi yang menginginkan tampilan pagar cukup simpel.

Yah, ternyata memiliki pagar bambu memang menjadi salah satu keinginan banyak orang meskipun memang tidak setiap penghuni rumah dapat mewujudkan keinginan tersebut, oleh faktor misalnya bahannya jika di kota sudah agak sulit mendapatkan atau memilih model yang unik dan bagus juga kurang bisa. Tentunya tulisan ini bisa menjadi guiden bagi yang memang ingin berkreasi membuat rumah menjadi unik dengan sebuah pagar bambu.***/zie/berbagaisumber




 
Berita Lainnya :
  • Kreasi Pagar Bambu yang Unik untuk Memperindah Rumah
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #4 Mahfud MD: Malu Negara Ini Dipermainkan Djoko Tjandra
    #5 Maju Pilkada Pelalawan, Adi Sukemi Ingatkan Seluruh Kader Patuhi Keputusan Partai
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved