Bea Cukai Bengkalis Musnahkan 41,2 Ton Daging Ilegal Asal India
Senin, 29-05-2023 - 14:32:36 WIB
Pemusnahan daging ilegal
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Bengkalis, memusnahkan 41,2 ton daging kerbau ilegal asal India, dengan cara dibakar.

Pembakaran daging ilegal tanpa dokumen sah ini dilakukan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kecamatan Bantan, Senin (29/5/2023).

Daging kerbau beku ini terdiri dari dua merk, yakni Black Gold sebanyak 1.123 box dan Al Tamam sebanyak 937 box. Berat masing-masing box 20 kg. Perkiraan nilai barang Rp.2.174.391.800 dan potensi kerugian negara Rp.279.952.944.

Pelaksana Tugas (Plt) kepala KPPBC TMB C Bengkalis, Muhammad Hakim Satria mengatakan, temuan daging ilegal.ini berawal dari patroli tim BC15048 di laut dan berhasil melakukan penangkapan kapal bermuatan daging ilegal dari KM.Nur Muhammad GT. 27 No.700/PPE di kuala Sungai Bukit Batu pada 6 April 2023.

"Dari hasil penangkapan tersebut ditetapkan tersangka berinisial Z selaku nahkoda. Tersangka didapati mengangkut barang impor ilegal dari daerah Port Klang Malaysia," tutur Muhammad Hakim Satria.

"Penindakan ini diharapkan memberikan efek jera kepada pelaku pelanggaran kepabeanan, sehingga mencegah kerugian negara dan demi melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal," imbuhnya.

Dikesempatan ini, Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Johansyah Syafri mengapresiasi kinerja penegak hukum Bea Cukai Bengkalis yang telah berhasil menangkap sekaligus memusnahkan barang bukti.

"Memang secara kerugian negara tidak terlalu besar. Tapi dampaknya apabila barang selundupan itu dijual dan dikonsumsi masyarakat yang dikhawatirkan membawa penyakit," ucapnya.

Menurut Johan,, wilayah Bengkalis yang strategis memang sering dimanfaatkan oleh para mafia untuk melakukan hal-hal yang ilegal atau yang melanggar hukum.

"Banyaknya kasus penyelundupan salah satu faktornya adalah geografis Kabupaten Bengkalis yang berbatasan langsung dengan jalur internasional, Selat Malaka dan Malaysia," katanya.**/ris.




 
Berita Lainnya :
  • Bea Cukai Bengkalis Musnahkan 41,2 Ton Daging Ilegal Asal India
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved