Pemprov Berkomitmen Dukung Terwujudnya UHC di Provinsi Riau
Rabu, 12-04-2023 - 16:13:05 WIB
Joni Irwan
TERKAIT:
   
 

BNEWS - BPJS Kesehatan telah memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah berhasil mencapai UHC, dengan tujuan agar masyarakat memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. 

Di provinsi Riau saat ini terdapat 6 kabupaten dan kota yang telah berhasil meraih cakupan kesehatan semesta atau UHC. Ke 6 daerah tersebut adalah Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan, Bengkalis, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Inhu.

"Diharapkan 6 kabupaten/kota lainnya segera menyusul mencapai UHC," kata Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan, Rabu (12/4/2023). 

Joni Irwan menyebut bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat berkomitmen mendukung untuk terwujudnya UHC di seluruh kabupaten/kota. 

Bahkan, kata Joni Irwan, Pemprov Riau pada APBD tahun anggaran 2023 mengalokasikan anggaran sebesar Rp 234 miliar lebih, dengan rincian, Rp 173 miliar lebih dibayarkan untuk iuran PBI Pemba budget sharing dengan Rp 19.250 per jiwa kepada 750 ribu jiwa selama 12 bulan. 

"Jumlah peserta ini tahun 2023 naik sebanyak 50 ribu jiwa dari tahun 2022," ujar Joni. 

Lalu, Rp 50 miliar lebih untuk pembayaran kontribusi PBI JK dengan jumlah peserta sebesar 2 juta jiwa selama 12 bulan, naik sebanyak 250 ribu jiwa dari tahun 2022. 

"Dengan sangat besarnya jumlah anggaran  yang dianggarkan tersebut, menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau sangat berkomitmen mendukung terwujudnya jaminan kesehatan semesta atau UHC di Provinsi Riau," kata Joni Irwan.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah salah satu bentuk perlindungan sosial dibidang kesehatan, untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan melalui penerapan sistem kendali biaya, kendali mutu, yang diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial dan ekuitas persamaan bagi seluruh penduduk wilayah Republik Indonesia.

"Tujuannya agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, berkualitas, tanpa memenuhi hambatan finansial yang berarti," katanya.

Dikatakan Joni Irwann, per April 2023 cakupan kepesertaan JKN di Provinsi Riau sebesar 88,8 persen, naik jika dibandingkan Maret 2023 sebesar 87,9 persen. 

"Dengan meningkatnya persentase kepesertaan JKN di Provinsi Riau, menunjukkan bahwa Pemprov Riau dan kabupaten/kota sangat berkomitmen dalam melaksanakan amanat Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan," ujarnya.**/zie/mc

 




 
Berita Lainnya :
  • Pemprov Berkomitmen Dukung Terwujudnya UHC di Provinsi Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved