Asisten II Setdaprov Riau Buka Pelatihan Edukasi Belanja Bijak untuk Para Ulama
Rabu, 05-04-2023 - 14:29:24 WIB
M Job Kurniawan
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, mewakili Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), membuka secara resmi pelatihan edukasi belanja bijak di Gedung BI, Pekanbaru, Rabu (05/04/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh para ulama ini diselenggarakan oleh BI Riau, dalam rangka gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP).

Mengawali sambutannya, M Job mengatakan, pelatihan seperti ini sangat positif. Karena hal tersebut merupakan langkah untuk menjalankan komunikasi efektif di masyarakat.

Ia menambahkan, komunikasi yang efektif juga perlu dilakukan sebagai upaya pengendalian kepada masyarakat secara umum, untuk meningkatkan kesadaran bahwa pengendalian harga adalah upaya bersama untuk kepentingan bersama.

“Dalam hal ini kami meminta kepada para ulama untuk dapat membantu Pemerintah menyampaikan kepada jemaahnya akan perlunya upaya mengendalikan harga dimulai dari rumah tangga masing-masing,” katanya.

Dijelaskan M Job, memulai pengendalian harga dari rumah tangga sangat dapat dilakukan karena inflasi pada dasarnya adalah fenomena yang terbentuk, karena interaksi antara permintaan dan penawaran barang.

Menjaga permintaan adalah upaya untuk mempertahankan tingkat permintaan dalam kondisi yang relatif sama, tetap atau stabil. Namun, pada bulan Ramadan umumnya permintaan mengalami peningkatan.

Hal ini tentu saja disebabkan adanya peningkatan konsumsi rumah tangga, pada sisi usaha (rumah makan dan usaha sejenis) juga turut mengalami peningkatan seiring dengan antisipasi permintaan pada saat buka puasa.

“Secara historis kenaikan harga bahan pokok selalu terjadi pada momen Ramadhan dan Idul Fitri. Hal ini disebabkan konsumsi masyarakat yang memang meningkat, khususnya belanja bahan pokok strategis, seperti daging sapi, daging ayam dan telur ayam, cabai, bawang, minyak goreng dan beras,” jelasnya.

Job ungkapkan, peningkatan tersebut berimbas pada peningkatan harga pangan yang kemudian berakibat pada beragam komoditas lainnya. Salah satu upaya untuk menjaga level permintaan pada kondisi ini adalah melalui sikap belanja bijak dari rumah tangga.

“Rumah tangga diharapkan dapat melakukan konsumsi secara bijak dan terukur, yang artinya belanja secukupnya tidak berlebihan dan tanpa keinginan untuk menimbun barang,” ungkapnya.

Asisten II juga mengatakan, masyarakat tidak perlu merasa khawatir akan kehabisan barang dipasar dan melakukan penimbunan. Karena pemerintah selalu berusaha untuk selalu memenuhi kebutuhan pangan pokok masyarakat.

“Diharapkan masyarakat dapat beribadah dengan tenang karena persediaan bahan pangan di Provinsi Riau tercukupi. Dengan menerapkan konsep belanja bijak dan berdagang bijak, maka kita turut beramal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terciptanya kondisi sosial, hukum, dan keamanan yang kondusif, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau yang kita cintai,” katanya.

Lebih lanjut, M Job menerangkan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan pergerakan harga pangan di Provinsi Riau, diantaranya melalui kegiatan pelaksanaan Pasar Murah yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota, gerakan menanam cabai, bawang dan padi.**/zie/mc





 
Berita Lainnya :
  • Asisten II Setdaprov Riau Buka Pelatihan Edukasi Belanja Bijak untuk Para Ulama
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved