SMKN 1 Rupat Jadi Percontohan Penanaman Kelapa Pandan Wangi dan Talas Ungu
Rabu, 15-03-2023 - 14:24:51 WIB
Gubri di SMKN I Rupat
TERKAIT:
   
 

BNEWS - SMK Negeri 1 Rupat di Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu sekolah percontohan untuk penanaman Kelapa Pandan Wangi dan Talas Ungu. Hal ini dikatakan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, saat penanaman perdana Kelapa Pandan Wangi dan Talas Ungu di sekolah ini.

Menurut Gubri, kegiatan penanaman perdana yang dilakukan tersebut dalam rangka merubah mind set masyarakat agar tidak hanya fokus menanam sawit.

"Apalagi Pulau Rupat ini sebagian besar tanahnya gambut, jadi tidak paslah kalau hanya sawit karena tanaman ini kuat menyerap air sehingga menyebabkan kebakaran," kata Syamsuar.

Gubernur Riau juga menjelaskan, penanaman perdana ini juga merupakan tindaklanjut dari pertemuan dengan masyarakat beberapa waktu yang lalu.

Mantan Bupati Siak dua periode ini menjelaskan, terkait penanaman Talas Ungu yang juga dilakukan di SMK Negeri 1 Rupat, karena sudah ada yang berhasil, salah satunya di Rokan Hilir, yakni Kecamatan Sinaboi.

"Talas Ungu paling berhasil di Sinaboi, Rokan Hilir dan ini telah diekspor ke luar negeri. Maka dari itu penanaman yang kita lakukan di sekolah ini bisa berhasil sehingga bisa mensejahterakan guru dan anak-anak yang ada di sekolah," kata Gubri.

Kegiatan ini diharapkan juga bisa mendidik anak-anak agar pintar berwirausaha sehingga bisa mandiri, dan menjadi contoh para petani yang ada di sekitar sekolah.

Talas Ungu yang ditanam sebagai percontohan seluas setengah hektare dan diharapkan kedepannya bisa dikembangkan supaya lebih luas lagi. Sementara penanaman Kelapa Pandan Wangi juga dengan luas satu hektare.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Rupat, Syahril merasa terharu dan bangga serta menjadi kepuasan batin karena di dalam kesibukan Gubernur Syamsuar masih bisa berkunjung ke sekolahnya.

Perjuangan Syamsuar selaku orang nomor satu di Riau juga diapresiasi karena telah memiliki perhatian lebih terhadap pendidikan di Provinsi Riau khususnya Pulau Rupat.

"Untuk tahun 2023 ini Pemprov akan membangun 18 unit sekolah baru di Riau dan alhamdulillah salah satunya di Pulau Rupat. Mudah-mudahan tahun 2023 ini bisa terwujud pembangunan SMK N 2 Rupat," katanya, yang sontak mendapat aplause dari masyarakat.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan sekolah tersebut masyarakat telah menyiapkan lahan seluas dua hektare, dan siswanya juga sudah ada berjumlah 153 orang.

"Alhamdulillah ini tahun pertama dan sudah melaksanakan UKK dan sekarang sedang melakukan ujian semester mudah-mudahan niat baik ini segera terwujud," pungkasnya.

Saat kunjungan kerja di SMKN 1 Rupat, Gubernur Syamsuar didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Job Kurniawan, Kadiskominfotik Provinsi Riau Erisman Yahya, Kepala Dinas Tanaman Panggan dan Hotikultura Provinsi Riau Syahfalefi, Wakil Bupati Bengkalis dan Kapolres Bengkalis.**/zie




 
Berita Lainnya :
  • SMKN 1 Rupat Jadi Percontohan Penanaman Kelapa Pandan Wangi dan Talas Ungu
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved