Datang ke Pekanbaru, Wamendag Cek Harga Bahan Pokok di Cik Puan
Sabtu, 11-02-2023 - 14:55:15 WIB
Wamendag di Pasar Cik Puan
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Hari ini, Sabtu (11/2/2023), Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berkunjung ke Pekanbaru, Riau, mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai.

"Kedatangan kami untuk mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok. Salah satu yang kita perhatikan soal ketersediaan minyak curah dan Minyak Kita. Tadi ada beberapa pedagang yang melaporkan harganya ada yang di atas HET (harga eceran tertinggi) dan ada juga sesuai dengan HET," kata Jerry saat memberikan keterangan pers di lokasi.

Oleh karena itu, kata Jerry, pihaknya mendorong, jika ada harga belum sesuai dengan HET agar bisa dipastikan.

"Begitu harga sampai ke pedagang harus dipastikan sesuai dengan HET Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram," Jerry menegaskan.

Di Pasar Cik Puan, Wamendag juga bertanya kepada ibu-ibu pedagang terkait HET. Dibeberkan Jerry, satu di antaranya permasalahan yang ada adalah ketika pedagang mengambil dari agen atau distributor harganya sudah mahal.

"Oleh karena itu, kami akan koordinasi dengan teman-teman pemerintah daerah dan PD Pasar untuk memastikan agar harga (Minyak Kita di agen jangan tinggi. Jadi supaya sampai ke pedagang sesuai dengan harga HET 14 ribu rupiah per liter," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Jerry juga mengecek harga dan ketersediaan bawang putih, cabai, tomat, beras, telur ayam ras, dan sayuran. Ia mengatakan, harga bahan pokok tersebut relatif stabil.

"Saya sampaikan harganya relatif stabil dan bahkan turun. Harga telur yang sebelumnya Rp50 ribu, tadi harganya Rp48 ribu. Artinya apa yang kita sampaikan, harga-harga relatif stabil, yang naik Minyak Kita," katanya.

"Ketersediaan ini penting. Tadi saya tanyakan ke pedagang, InsyaAllah aman. Artinya ketersediaan ada, stok aman, sehingga memudahkan para pedagang, konsumen, para pembeli untuk melakukan aktifitas jual beli," ujar Jerry.

Pantauan wartawan di Pasar Cik Puan, harga  per kilogram cabai merah Aceh Rp44 ribu, cabai merah Bukit Tinggi, Sumbar Rp55 ribu. Harga bawang merah naik dari Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Harga bawang putih Rp22 ribu menjadi Rp28 ribu, kenaikan harga ini disebabkan faktor cuaca. Kemudian, harga beras premium Sumbar Rp17 ribu per kilogram, untuk harga normal Rp15 ribu per kilogram.

Sementara harga gula pasir Rp14 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp48 ribu per papan atau Rp1.800 per butir, dan tepung terigu Rp14 ribu. Kemudian, harga minyak goreng curah Rp16 ribu per kilogram, minyak preminium Bimoli Rp20 per liter, dan Minyak Kita Rp15 ribu per lter.**zie/mc




 
Berita Lainnya :
  • Datang ke Pekanbaru, Wamendag Cek Harga Bahan Pokok di Cik Puan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved