Kuatkan Kerjasama, Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali
Selasa, 22-11-2022 - 17:42:25 WIB
ASEAN Coast Guard Forum 2022
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Bakamla RI mengumpulkan beberapa Kepala Coast Guard negara tetangga, khususnya yang tergabung dalam ASEAN, dalam rangka menguatkan cara pandang, komitmen dan kerja sama coast guard ASEAN, di Legian, Bali, Selasa (22/11/2022).

Pertemuan ini dimaksudkan untuk membahas potensi kerja sama antar coast guard dan penegak hukum di laut, khususnya di kawasan ASEAN.

“Pertemuan ini diharapkan dapat mencapai konsensus peningkatan komitmen dalam rangka pembentukan ASEAN Coast Guard Forum,” ucap Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya.

Menurutnya, ASEAN Cost Guard Forum merupakan keniscayaan sebagai forum yang ASEAN DRIVEN yaitu bagi Negara anggota ASEAN saja karena negara ASEAN ini saling berbatasan satu sama lain, dan beragam ancaman maritim di perbatasan, perlu diselesaikan hanya oleh kedua negara, tentu dengan cara-cara sesuai ASEAN Way.

Perlu diketahui katanya, cukup banyak forum kerja sama yang aktif di kawasan ASEAN seperti HACGAM (Head of Asian Coast Guard Agency Meeting), SEAMLEI (South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative), ReCAAP (Regional Cooperation Agreement on Combatting Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia), namun melibatkan banyak negara di luar ASEAN yang tergabung dalam forum tersebut.

Menurutnya, ini adalah untuk pertama kalinya Coast Guard negara ASEAN berkumpul untuk menyatukan visi mewujudkan laut kawasan yang damai dan aman setelah sejak 2014 ide ASEAN Coast Guard pertama kali diangkat dalam ASEAN Maritime Forum (AMF).

“Hadir dalam kegiatan ini, 8 negara ASEAN yaitu Kamboja, Malaysia, Myanmar, Indonesia selaku host, Pilipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam”, jelas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Tahun depan di 2023, seturut dengan keketuaan ASEAN yang ada di pundak Indonesia, Bakamla RI pun menjadi ketua dan host untuk pertemuan ACF 2023.

Pertemuan berlangsung dengan khidmat dan kental dengan suasana kekeluargaan. Tidak berhenti disitu, pembahasan juga berlanjut ke pertemuan bilateral guna membahas rencana kerja sama yang lebih mendetail dan teknis.**/cha




 
Berita Lainnya :
  • Kuatkan Kerjasama, Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved