Ikut Rakernas JKPI, Alfedri: Semoga Dapat Mempromosikan Budaya Siak
Rabu, 19-10-2022 - 17:36:36 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Keikutsertaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke-IX, yang akan berlangsung di Palembang Sumatera Selatan pada 2-5 November 2022 mendatang, diharapkan dapat mempromosikan kekayaan khazanah budaya Siak berikut nilai-nilai kearifan lokalnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak Alfedri, saat memimpin rapat persiapan keikutsertaan Kabupaten Siak pada pelaksanaan kegiatan tersebut di ruang rapat Zamrud Siak Sri Indrapura, Selasa (18/10/2022).

JKPI sendiri kata Alfedri, merupakan sebuah organisasi beranggotakan pemerintah kota/kabupaten, yang mempunyai keanekaragaman pusaka alam dan atau pusaka budaya (tangible dan intangible) yang bertujuan menjaga kelestarian pusaka alam, Benda Cagar Budaya (BCB) sebagai modal dasar untuk membangun ke masa depan.

“Hari ini kita minta masukan dari OPD yang membidangi, apa yang bisa kita tampilkan di Rakernas JKPI di Palembang pada 2-5 November 2022 mendatang, saya ingin kita menampilkan kekayaan khazanah budaya dan kearifan lokalnya. Baik itu tradisi, kesenian dan inovasi produk lokal seperti kain tenun dan batik Siak yang bisa di pamerkan di sana nantinya,” kata Bupati Siak.

Alfedri juga mengatakan, untuk mematangkan persiapkan, dinas terkait saat ini tengah mempersiapkan menampilkan sebuah pagelaran kesenian daerah dalam bentuk tari yang akan dibawakan sanggar Tasik Seminai dan Sanggar Mahligai.

“Jadi tolong dimatangkan penampilannya ya, termasuk stand pameran selain tenun dan batik Siak apa saja yang kita tampilkan, makanan khas juga bisa kita tampilkan,”ujar mantan ketua Presidium JKPI periode 2020-2022 itu.

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) saat ini beranggota 72 kabupaten kota se Indonesia. Selain itu, JKPI juga selalu mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka. Termasuk, menginventarisasi kekayaan warisan pusaka dari anggota JKPI, sehingga bisa mengembangkan pemahaman keberagaman alam dan budaya untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.**/dho




 
Berita Lainnya :
  • Ikut Rakernas JKPI, Alfedri: Semoga Dapat Mempromosikan Budaya Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved