Kunjungi TK ABA, Rasidah: PAUD Strategis Turunkan Angka Stunting
Kamis, 13-10-2022 - 19:17:48 WIB
Rasidah bersama anak PAUD
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Bunda PAUD Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri, mengunjungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA), di Kampung Langkai kecamatan Siak. Kamis (13/10/2022).

Rasidah datang untuk bersilaturahmi dengan Kepala Sekolah PAUD se kecamatan Siak, sekaligus menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik PAUD, pada Lembaga PAUD Binaan Dalam Layanan PAUD Holistik Integratif (HI). Sebelumnya, Kegiatan ini sudah berlangsung di kecamatan Pusako, dan Koto Gasib.

Menurut Rasidah, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD, dalam memenuhi kebutuhan esensial anak meliputi kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan melalui Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Menurutnya, PAUD merupakan forum yang penting untuk memberikan edukasi tentang pola makan, pola asuh, dan pola sanitasi kepada orang tua terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Kemudian, PAUD juga penting untuk memberikan stimulasi bagi perkembangan kognitif dan tumbuh kembang anak.

“Program PAUD HI ini sangat strategis dalam rangka mengurangi dan melakukan pencegahan penurunan angka stunting, karena di tempat ini bisa dijadikan forum untuk memberikan edukasi kepada orangtua bagaimana pola asuh, pola makan dan sanitasi yang baik bagi anak-anak,” jelas Rasidah.

Lanjutnya, untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas, tentunya Bunda Paud Kabupaten harus ditopang oleh Bunda PAUD ditingkat Kecamatan dan Kampung, sehingga dipandang perlu untuk mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik PAUD seperti yang diselenggarakan saat ini.

“Keberadaan dan peran Bunda PAUD sangatlah penting, untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada, membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan, mendorong layanan PAUD yang berkualitas, bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD yang berkualitas,” terang Rasidah.

Istri Bupati Siak ini menyampaikan, karena keterbatasan dana pada tahun ini hanya 4 kecamatan yang dikunjungi, dan berharap tahun depan bisa turun di 14 kecamatan.

Sementara itu anak-anak PAUD diberikan edukasi lewat dongeng, yang disampaikan oleh pendongen asal Perawang “Kak Joe”.

“Mendongeng dapat dijadikan media untuk mendidik anak tanpa harus menggurui. Di dalam dongeng biasanya memuat cerita yang sarat akan pesan-pesan moral,” kata Kak Joe.

Anak-anak terlihat semangat dan bergembira. Mereka dapat hadiah dari Bunda PAUD, syaratnya harus menjawab pertanyaan dengan benar.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik PAUD ini terselenggara atas Kerjasama Bunda PAUD Kabupaten Siak dengan PT Bumi Siak Pusako. Empat kecamatan yang dikunjungi, adalah kecamatan Pusako, Koto Gasib, Siak dan Sabak Auh.**/dho




 
Berita Lainnya :
  • Kunjungi TK ABA, Rasidah: PAUD Strategis Turunkan Angka Stunting
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved