Diskominfotik Riau Gelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Digital KIM
Kamis, 06-10-2022 - 15:05:56 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis pemanfaatan platform digital kemitraan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan itu diikuti pengurus KIM dan jajaran Diskominfotik se-Provinsi Riau. Tampil sebagai narasumber Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Ditjen IKP, Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama.

Provinsi Riau menjadi urutan keempat dalam melakukan sosialisasi dan bimtek pemanfaatan platform digital kemitraan KIM, setelah Kota Malang, Palembang, dan Kalimantan Barat.

Menurut Hasyim Gautama, tujuan KIM hadir di tengah masyarakat sebagai literasi. Manfaat KIM tersebut banyak dan tidak ada kerugiannya.

Karena itu Hasyim menghimbau masyarakat agar lebih bisa berkreativitas dengan beralih dan memanfaatkan platform digital atau KIM dan didaftarkan memalui Dinas Kominfo masing-masing daerah.

"Dengan memiliki KIM, di era digital saat ini masyarakat tidak semakin tertinggal dan bahkan masyarakat bisa memiliki wawasan luas dengan internet," kata Hasyim.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Provinsi Riau, Erisman Yahya mengatakan, Diskominfotik provinsi, kabupaten, dan kota diminta membangun kemitraan melalui kerja sama dengan KIM, sebagai mitra strategis untuk diseminasi informasi program dan kebijakan pemerintah.

Hal tersebut menurut Erisman sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2019, tentang penyelenggaraan urusan pemerintah kumpulan bidang komunikasi dan informatika.

"Disetiap kecamatan, kota dan kabupaten perlu dibentuk KIM yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya," kata Erisman.

Komunitas Informasi Masyarakat atau KIM kata Erisman, adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif melalui kegiatan pengelolaan informasi.

"Kita berharap setiap desa bisa memiliki KIM, karena memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah. Selain itu, KIM sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat," katanya.**/zie/mc





 
Berita Lainnya :
  • Diskominfotik Riau Gelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Digital KIM
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved