Supervisi Tiga Instansi, Bupati Kampar Sambut Tim Satgas Saber Pungli Riau
Selasa, 04-10-2022 - 16:27:46 WIB
Pj Bupati Kampar dan5 Timn
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Tim Sagas Saber Pungli Provinsi Riau melakukan supervisi uji petik di tiga  instansi pelayanan umum masyarakat di Kabupaten Kampar, yakni Sekretaris DPMPTSP, Disdukcapil dan RSUD.

Menurut Pj Bupati Kampar, Kamsol,
usai mendengarkan paparan dari tim Satgas Saber Pungli Provinsi Riau di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar, Selasa (4/10/2022), hal ini dilakukan dalam upaya pencegahan pungutan liar (Pungli) di Wilayah Kabupaten Kampar.

"Supervisi di setiap pelayanan yang dilakukan terkhusus instansi yang banyak berhubungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat," kata Kamsol.

Pj Bupati Kampar juga menyampaikan bahwa terus dilakukan pelayanan masyarakat yang memiliki SOP atau standar, sehingga tidak ada lagi keterlambatan pelayanan dan proseduralnya.

"Pelayanan yang utama dan terpenting adalah pelayanan dalam memberikan informasi," kata Kamsol.

Sementara itu Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Kampar, Dedi Rochyani, mengatakan bahwa dalam upaya pencegahan pungli, penyelenggaraan perizinan dan non perizinan berusaha di Kabupaten Kampar telah dilakukan secara online dan profesional.

Selanjutnya di Disdukcapil yang disampaikan Kepala Dinas Muslin, bahwa sejauh ini dalam pengurusan KTP dan pelayanan lainnya, Disdukcapil telah melalukan berbagai inovasi secara online,

Begitu juga yang Disampaikan Dirut RSUD Bangkinang Dr Asmara Fitra Abadi, bahwa sejauh ini dalam layananan kepada masyarakat sudah berbasis elektorik atau aplikasi online, baik untuk pelayanan pendaftaran maupun terkait pembayaran.

Ketua Pelaksana Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Riau Kombes Pol Hermansyah, menyampaikan bahwa pungli sendiri merupakan upaya meminta sejumlah uang kepada masyarakat, atau pengguna layanan oleh penyelenggara dapat berupa layanan admimistrasi, barang atau jasa yang menjadi kewenangannya.

Dimana yang diminta tersebut tidak sesuai dengan dasar hukum, dengan diiming-iming dipercepat atau diperlambat. Pungli bisa saja terjadi dimana-mana, bahkan di pasar pun akan bisa terjadi.

"Untuk itu hindari pungli yang tidak memiliki dasar hukum," katanya.

Selanjutnya Tim Satgas Pungli Riau didampingi Sekda Kampar Yusri, melakukan peninjauan ke OPD pelayanan seperti DPMPTSP, Disdukcapil dan RSUD Kampar.**/dia




 
Berita Lainnya :
  • Supervisi Tiga Instansi, Bupati Kampar Sambut Tim Satgas Saber Pungli Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved