Beberapa Makanan dan Minuman untuk Redakan Gejala Sinusitis
Rabu, 21-09-2022 - 13:47:09 WIB
Bawang putih
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Infeksi sinus atau sinusitis membuat penderitanya tidak nyaman, karena bisa menyebabkan sakit kepala dan hidung tersumbat. Selain obat, beberapa makanan tertentu mampu mengatasi infeksi sinus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sinusitis terjadi ketika cairan menumpuk, biasanya berisi udara di sinus dan rongga hidung.

Karena sebagian besar infeksi sinus disebabkan oleh virus, menurut CDC, banyak yang tidak perlu diobati dengan antibiotik, yang hanya membantu infeksi bakteri.

Sebagai gantinya, penderita sinusitis dapat memakan makanan atau minuman tertentu untuk meringankan gejala sinusitis secara alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang dapat meringankan gejala sinusitis.

Bawang putih

Mengkomsumsi bawang putih yang dicincang atau dihancurkan dapat melepaskan allicin atau zat yang memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang dapat melawan virus, dikutip dari Livestrong. Kemampuan antibakteri ini dapat membantu meringankan masalah sinusitis, pilek atau penumpukan lendir.

Air hangat dan kunyit

Meminum segelas air hangat yang ditambah dengan sejumput kunyit dan lada hitam, dapat membantu menenangkan tenggorokan. kunyit bermanfaat untuk membunuh bakteri dan lada hitam dapat mengurangi peradangan. Meminum segelas larutan ini dapat memberikan kelegaan instan dan juga dapat membantu mengurangi gejala sinus.

Teh herbal

Rebus air hangat dan tambahkan lada hitam, cengkeh, daun kemangi, jahe dan juga bubuk teh. Didihkan larutan dan saring ke dalam cangkir, serta tambahkan madu.

Teh ajaib ini bermanfaat dalam menyembuhkan sinus. Daun kemangi diketahui dapat mengeluarkan lendir. Sedangkan jahe, madu, cengkeh, dan lada hitam kaya akan antiinflamasi dan antibakteri.

Buah dan Sayuran

Senyawa tertentu dalam buah dan sayuran berwarna cerah, seperti karotenoid dan flavonoid, memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang membantu tubuh berfungsi dengan baik dan bahkan dapat bertahan melawan infeksi. Buah-buahan antiinflamasi ini termasuk stroberi, bluberi, ceri, jeruk, tomat, bayam, kubis, dan sejenis sawi.

Susu hangat dengan kunyit

Susu hangat dengan kunyit juga menjadi obat rumahan paling umum yang digunakan di semua rumah tangga. Kunyit dan susu adalah kombinasi terbaik untuk menyembuhkan segala jenis peradangan, sakit atau flu. Susu memiliki enzim penambah kekebalan sedangkan kunyit memiliki sifat anti-bakteri.

Makanan pedas

Makanan pedas juga baik untuk dikonsumsi bagi para penderita infeksi sinus. Hai ini dikarenakan capsaicin, senyawa aktif dalam cabai, dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah mengalir keluar dari saluran udara yang bengkak, yang dapat meredakan gejala non-alergi seperti hidung tersumbat.**/zie





 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Makanan dan Minuman untuk Redakan Gejala Sinusitis
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved