Ikut Rakornas Kemendagri, Gubri: BUMD Agar Tindaklanjuti Arahan KPK
Kamis, 08-09-2022 - 16:36:51 WIB
Gubernur Riau
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait penguatan pembinaan, pengawasan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (8/9/2022).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan secara virtual tersebut dihadiri langsung oleh gubernur, bupati/wali kota, komisaris serta direksi BUMD se Indonesia.

Dalam rapat tersebut Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata mengatakan bahwa pendirian BUMN atau BUMD tentu dimaksudkan salah satunya untuk menggerakkan roda perekonomian suatu daerah atau negara. Selain itu juga untuk meningkatkan penerimaan negara melalui dividen.

Untuk itu Alexander berharap keberadaan BUMD ini memperoleh untung bagi suatu daerah. Ia mengatakan, jika BUMD tidak jelas kontribusinya terhadap penerimaan daerah dan tidak jelas kontribusinya terhadap perekonomian daerah untuk apa dipertahankan.

Menurutnya, tidak masalah BUMD hanya sedikit, akan tetapi sehat dan kuat secara keuangan dan memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan maupun penerimaan daerah.

"Tolong ini menjadi perhatian dari para kepala daerah supaya kepala daerah memetakan sendiri BUMD mana yang sehat atau kalau ada yang mengalami kerugian masih bisa diperbaiki kalau masih ada yang sakit bisa diobati, kalau sudah tidak bisa diapakan (diperbaiki) bubarkan saja, tidak usah ragu," ucapnya.

Usai pertemuan tersebut, Gubri Syamsuar meminta kepada semua direksi dan komisaris BUMD Provinsi Riau untuk dapat menindaklanjuti arahan KPK dan Kemendagri tersebut sebagai upaya mewujudkan BUMD sehat di Provinsi Riau.

Syamsuar juga mengharapkan BUMD dapat diperhatikan. Sehingga BUMD Riau betul-betul memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah.

"Terhadap hal-hal standar pengawasan ini wajib kita laksanakan. Kita perbaikilah yang tidak bagus. Kita harus berhati-hati bagaimana pendapatan daerah kita bertambah (melalui BUMD)," tutupnya.**/zie/mc




 
Berita Lainnya :
  • Ikut Rakornas Kemendagri, Gubri: BUMD Agar Tindaklanjuti Arahan KPK
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved