Bupati Inhu Buka Workshop Sejarah dan Perkembangan Tarian Adat Talang Mamak
Rabu, 31-08-2022 - 14:07:03 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Workshop Sejarah dan Perkembangan Tarian Adat Talang Mamak.

Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita, Selasa ( 30/08/2022) di Belilas, Kecamatan Seberida. Workshop berupa penggalian dan penulisan cerita budaya Talang Mamak.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya workshop ini dan semoga tercapai tujuan yang telah ditetapkan," kata Evi Irma.

Menurutnya, dalam era globalisasi ini masyarakat Indragiri Hulu (Inhu) agar tetap mempertahankan budaya yang ada dan tidak terpengaruh budaya yang datang dari luar, termasuk mempertahankan budaya Talang Mamak.

Terpisah Sita Rohana dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia berpesan, agar lebih dikembangkan lagi seni budaya yang ada di Talang Mamak, karena ini sengat penting dan wajib dijaga dan dilestarikan, serta diangkat ke publik untuk lebih diketahui dan dikenal.

'Pemerintah harus memperhatikan dan mendukung semangat anak-anak muda dan masyarakat adat Talang Mamak," ungkapnya.

Sita Rohana juga mengatakan , makanan khas Talang Mamak supaya bisa dikembangkan dan supaya tetap terus ada di Talang Mamak, khususnya bagi anak muda Tàlang Mamak sebagai generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Penser, Ketua Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Desa Talang Jerinjing mengatakan, Workshop ini digelar selama 2 hari, dimulai 30 Agustus 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Para peserta berasal dari Batin Adat Talang Mamak, Pemuda dan Pemudi Adat Talang Mamak, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu, Organisasi Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN) , Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Riau dan Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Batang Cenaku.

Workshop ini menampilkan tarian tiga komunitas dari desa Aur Cina tari kain perempuan, komunitas Talang Sungai Limau tari silat adat Talang Mamak berpemakai dan komunikasi Desa Talang Jerinjing tari kain laki-laki.

Workshop dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokal Talang Mamak di kabupaten Indragiri Hulu.

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Yarlisman Kabid Kebudayaan Diknasbud Inhu, Gilung, Ketua Aliansi masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Perwakilan Kapolres Inhu , perwakilan dari Balai TNBT dan Perwakilan Danramil Seberida, serta Organisasi PPMAN. Ikut dihadiri oleh para Batin-batin di beberapa suku Talang Mamak.**/iin




 
Berita Lainnya :
  • Bupati Inhu Buka Workshop Sejarah dan Perkembangan Tarian Adat Talang Mamak
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved