Mari Wisata ke Desa Dayun Siak, Menikmati Budaya dan Aneka Permainan
Selasa, 23-08-2022 - 07:21:58 WIB
Desa Wisata Dayun Siak
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Desa Wisata Dayun yang terletak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, merupakan 50 besar desa wisata terbaik yang mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Lokasi desa wisata ini awalnya merupakan sebuah embung buatan dengan luas 6.000 m2, memiliki kedalaman 1,5 hingga 2 meter. Embung ini dulunya difungsikan sebagai sumber air untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar desa Dayun.

Tetapi karena karhutla tetus menurun, pada tahun 2019 kawasan ini jadi terbengkalai. Muncul ide dan kreativitas serta kolaborasi pemerintah setempat bersama masyarakat, didukung dunia usaha, akhirnya kawasan ini direvitalisasi di tahun 2021 menjadi lokasi wisata.

Embung di Desa Dayun ini kemudian menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Siak, yang memberikan manfaat terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya peluang usaha untuk masyarakat.

Saat ini banyak wisatawan lokal dan juga dari luar Kabupaten Siak datang berkunjung, menikmati berbagai atraksi buatan yang ikut dihadirkan. Pengunjung bisa menikmati ragam atraksi outbound, wisata air, mural dayun, camping ground hingga flying fox.

Selain itu wisatawan juga dapat berziarah ke Makam Tuk Antan Berdarah Putih atau Khalifah Kholil. Tuk Antan Darah Putih adalah seorang tokoh asli Kampung Dayun yang dihormati hingga sekarang.

Selain itu wisatawan juga dapat menikmati berbagai ragam budaya dari kelompok-kelompok seni setempat mulai seperti Tari Olang-Olang. Dinamakan Tari Olang-Olang karena tarian ini mengungkapkan seekor burung elang yang menyerupai seorang putri kayangan, yang bertemu dengan seorang pemuda hingga mereka jatuh cinta.

Ada kesenian Silat Pangean yang merupakan seni bela diri yang termasuk dalam kategori silat dan diwariskan secara turun-temurun oleh warga Desa Dayun. Selain untuk bela diri, silat ini juga sering ditampilkan dalam acara pernikahan Melayu Riau di Siak, dan acara kebudayaan lainnya.

Beberapa hari lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, datang ke lokasi wisata Embung ini.

Uno mengapresiasi kreativitas dan komitmen kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Dayun dan pemerintah Kabupaten Siak yang menjadikan desa ini sebagai destinasi unggulan yang mengusung pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

"Akhirnya saya hadir di Kabupaten Siak.  Inilah desa wisata yang menunjukkan paket komplit, mampu memberikan dampak pada kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja," kata Sandiaga Uno, Sabtu (20/8/2022) di Desa Dayun.**/zie




 
Berita Lainnya :
  • Mari Wisata ke Desa Dayun Siak, Menikmati Budaya dan Aneka Permainan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved