Gubri: Rakorgub Adalah Sarana Komunikasi Pemda di Wilayah Sumatera
Kamis, 30-06-2022 - 10:03:13 WIB
Gubernur Riau
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Sumatera Tahun 2022 yang dilaksanakan di Riau, merupakan sarana komunikasi antar Pemerintah Daerah di wilayah Sumatera, serta sebagai wadah evaluasi hasil kerjasama dan kesepakatan yang telah terjalin sebelumnya.

"Kita targetkan kesepakatan penting dalam Rakorgub se-Sumatera Tahun 2022 di Provinsi Riau ini,' kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Gubri juga menyampaikan bahwa dalam Rakorgub tersebut akan dibahas beberapa isu-isu atau fokus persoalan salah satunya masalah inflasi yang cukup tinggi di wilayah Sumatera. 

"Jadi Sumatera ini termasuk tinggi inflasinya. Kalau kita tidak bisa mengendalikan bukan hal yang mustahil juga kita bisa lebih tinggi dari inflasi indonesia dan nasional. Jadi karena itulah tentunya, dalam kesempatan ini kita mari bekerjasama," ujar Gubri saat Welcome Dinner di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Rabu (29/6/2022) malam.

Syamsuar mengatakan, dalam Rakorgub nanti juga akan dibahas terkait ancaman Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak yang sudah terdapat di Provinsi Riau sebanyak 527 kasus tersebar di 6 atau 7 kabupaten/kota di Riau.

"Saat ini, Pemerintah Daerah memperketat pengawasan lalu lintas hewan ternak dengan memberlakukan lockdown dan pemberian vaksinasi," kata Gubri. 

Lebih lanjut Gubri juga mengatakan bahwa akan dibahas pemerataan infrastruktur berkaitan dengan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), infrastruktur perbatasan dan Over Demension Over Load (ODOL). 

"Begitu juga sekarang topik yang bisa kita bahas besok termasuk masalah infrastruktur jalan tol ini, kita belum tahu sampai kapan selesainya sumatera ini," ujar Gubri. 

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang menggesa percepatan pembangunan RoRo Dumai-Malaka dalam rangka untuk mendukung hasil Konferensi IMT-GT (Indonesia - Malaysia - Thailand Growth Triangle) di Bangkok Thailand.

"Hasil pembahasan bersama 3 Kepala Negara itu diputuskan bahwa untuk konektivitas antara Thailand, Malaysia itu ke Indonesia adalah melalui Dumai. Bahkan Menteri Perdagangan telah menunjukkan dalam rangka membantu operasional RoRo Dumai-Malaka ini untuk memanfaatkan semua produk dari sumatera ini adalah pintunya melalui Riau. Dan kami sudah siap untuk itu," ujar Gubri. 

Topik selanjutnya yang akan dibahas pada Rakorgub kata Syamsuar adalah tentang harga sawit. Ia yang di beberapa daerah di sumatera juga rendah. Padahal wilayah sumatera merupakan salah satu wilayah penghasil sawit terbesar mulai dari Aceh hingga Lampung.**/zie/adv

 




 
Berita Lainnya :
  • Gubri: Rakorgub Adalah Sarana Komunikasi Pemda di Wilayah Sumatera
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved