Deklarasi Maju Ketua PWI Riau, Syafriadi Janji Perjuangkan Kesejahteraan Wartawan
Senin, 13-06-2022 - 12:00:19 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Deklarasi DR H Syafriadi SH MH, yang akan maju sebagai calon Ketua PWI Riau 2022-2927 berlangsung Minggu malam (12/6/2022) di No Name Cafe, Jl Arifin Ahmad, Pekanbaru. Acara dengan hampir seratusan simpatisan itu berlangsung khidmat dan penuh kekeluargaan.

Ketua Tim Pemenangan Syafriadi, H Yusrizal Koto yang diwakili Saparuddin Koto (Sapko) dalam sambutannya menyebut Syafriadi sebagai akademisi yang konsen di dunia pers.

"Beliau ini sudah tokoh nasional. Nah, kalau tokoh pers nasional sudah turun gunung, berarti ada yang perlu dibenahi. Saat kita punya solusi untuk menjawab tantangan yang ada hari ini, maka mesti kita dukung dan pertahankan. Untuk itu mari kita dukung dan menangkan H Syafriadi," ucap Sapko.

Si 'pemilik' panggung, H Syafriadi dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana yang pernah disampaikannya kepada awak media beberapa bulan lalu, bahwasannya ia tidak berkeinginan untuk ikut meramaikan Konferprov PWI Riau 2022. Namun, ucapan itu kembali ia tarik setelah banyak dari kalangan wartwan yang mendorong untuk maju.

"Awalnya saya tak tersirat untuk maju. Tapi, seperti batu yang kalau digoyang-goyang terus maka akan bergeser juga. Karena banyak teman-teman yang mendorong, dengan bismilah saya menyatakan maju," ucap Syafriadi.

Lalu apa yang menjadi pertimbangan mantan ketua SPS Riau ini untuk maju?Syafriadi mengatakan, semua karena melihat kondisi PWI Riau hari ini.

"Saya mendengar masukan dari anggota ada hal-hal yang menurut mereka harus dikerjakan oleh pengurus namun tak dikerjakan. Kedua, saya melihat rasa memiliki yang berkurang dari anggota terhadap PWI. Nadanya hampir sama semua, Keprihatinan dan kekecewaan," tukas Syafriadi.

Syafriadi mengaku sedih dan terenyuh dengan kondisi tersebut dan mencoba memformulasikan program untuk kebutuhan PWI ke depan.

"Program ini saya namakan 4i, yakni Profesi, Edukasi, Ekonomi dan Integrasi," ucap Owner berazam.com ini.

Dijelaskannya, Profesi ini dulu bermarwah, sekarang sudah bergeser sangat jauh. Siapapun orangnya kini bisa menjadi wartawan, makanya profesi ini bukan lagi membanggakan. Banyak wartawan sekarang yang tidak kredibel. Jika ini dibiarkan, maka jangan salahkan mereka kalau tulisannya ke kiri dan ke kanan. Solusinya, pelatihan dan pendidikan kepada wartawan.

Kedua, edukasi. Ini sangat perlu dilakukan untuk menguatkan sumberdaya wartawan. Baik itu dalam hal menulis, atau pemahaman terhadap kode etik.

Ketiga, ekonomi. Untuk meningkatkan kesejahteraan wartawan itu sangat sulit. Namun ini akan diusahakan dengan menggandeng seluruh perusahaan yang ada.

Keempat, Integrasi atau pola hubungan PWI Provinsi dengan PWI kabupaten/kota. Dulu sudah bagus, tapi sekarang berjalan sendiri-sendiri.

"Ada yang bertanya, apakah tidak malu kalau nanti kalah? Bagi saya kalah dan menang itu hal biasa. Menang bermartabat, kalah terhormat. Jadi saya tegaskan, sekali maju tetap maju. Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang," pungkasnya.

Sementara H Dheni Kurnia, Ketua JMSI Riau yang mengusung Syafriadi dalam sambutannya mengatakan, apapun yang telah dibuat tidak boleh mundur. PWI adalah rumah seluruh anggota, karena itu siapa pun boleh menjadi ketua, dengan syarat dan ketentuan.

"PWI bukan milik sekelompok orang tapi milik semua anggota PWI. Organisasi juga berfungsi mengayomi dan melindungi anggota. Saya dukung Syafriadi karena program 4i yang dia lontarkan memang dibutuhkan wartawan," kata Dheni.**/yas




 
Berita Lainnya :
  • Deklarasi Maju Ketua PWI Riau, Syafriadi Janji Perjuangkan Kesejahteraan Wartawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved