Gulat: Jokowi Menjewer Stakeholder Sawit, Tidak Ada Larangan Ekspor CPO
Senin, 25-04-2022 - 08:53:39 WIB
Gulat Manurung
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pernyataan Presiden Jokowit entang larangan ekspor Minyak Goreng Sawit (MGS), disikapi dalam Rapat Koordinasi terbatas (Rakortas) dan ditindak lanjuti oleh lintas kementrian yang terus dimonitor oleh Asosiasi Petani kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo).

Rakortas dilaksanakan pada Minggu (24/4/2022) Jakarta, menandakan betapa urgennya topik karena pernyataan Jokowi telah membuat multi tafsir berbagai kalangan, termasuk membuat pasar minyak nabati dunia mengalami kenaikan sangat tajam sepanjang sejarah.

Menurut Ketua Umum DPP Apkasindo, Dr Gulat ME Manurung, Senin (25/4/2022), hasil Rakortas telah memutuskan beberapa point penting.

Menurut Gulat, yang dilarang eksport hanya RBD Palm Olein yang merupakan bahan baku minyak goreng sawit dan minyak goreng sawit (MGS), untuk Crude Palm Oil (CPO) tidak ada larangan atau pembatasan.

"Menko Ekonomi memerintahkan supaya dilakukan pengawalan saat tender CPO di Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), karena harga TBS acuannya adalah bursa CPO Internasional dan tender CPO KPBN," kata Gulat.

“Poin-poin ini memang harus saya sampaikan untuk menenangkan stress petani sawit yang tersebar dari Sabang sampai Merauke karena dropnya harga TBS.,” kata Gulat.

Menurut Gulat, setelah ada Rakortas diharapkan harga sawit petani kembali normal, karena sangat beresiko jika gejolak harga TBS ini tidak segera diredam.

"Ada 16 juta petani sawit dan pekerja kebun swadaya bergantung kepada harga TBS dan ekonomi sawit. Bagi kami petani sawit, gejolak harga TBS ini dampaknya bersifat harian, jadi langsung terasa," tegas Gulat.

Gulat juga berharap agar Satuan Tugas (Satgas) Pangan Nasional baik dari Markas Besar Polri, Kejaksaan Agung dan Satgas Pangan Provinsi untuk dapat memonitor pelaksanaan kebijakan yang tertuang pada poin-poin dari hasil rakortas yang akan dirilis hari ini, Senin (25/4).

“Hasil Rakortas ini merupakan penjabaran dari arahan Presiden dalam pidatonya pada Jumat (22/4/2022). Tanpa pengawasan dari APH dan Satgas Pangan, Apkasindo meragukan pihak yang terkait sungguh-sungguh melaksanakan sesuai dengan poin-point yang akan segera disampaikan ke masyarakat,' ujar Gulat. **/Zpn




 
Berita Lainnya :
  • Gulat: Jokowi Menjewer Stakeholder Sawit, Tidak Ada Larangan Ekspor CPO
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved