Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN
Rabu, 30-03-2022 - 08:20:22 WIB
Penghargaan untuk Kota Pekanbaru
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meraih penghargaan dari Kementerian ATR/BPN, karena partisipasi pemerintah daerah dalam mendukung percepatan program pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (29/3/2022).

“Alhamdulillah kita dapat penghargaan dari menteri BPN/ATR, pagi tadi diserahkan oleh Kanwil ATR/BPN Kota Pekanbaru kepada walikota Pekanbaru yang diwakilkan oleh kami. Penghargaan atau prtisipasi terkait dengan suport dari pemda terhadap pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Pekanbaru,” kata Ami.

Lebih lanjut disampaikannya, salah satunya adalah regulasi, adanya Perwako Kota Pekanbaru yang memberikan stimulus membenakan BPHTB sebesar Rp250 juta kebawah, itu di gratiskan. Jadi Rp 250 juta - Rp500 juta diberikan diskon sebesar 50 persen. Sementara Rp500-1 Miliar diberikan pengurangan sebesar 2,5 persen dan diatas Rp1 Miliar dianggap sudah mampu, jadi tidak diberikan stimulus.

“Nah, hanya saja kita Pemerintah mesti adil jadi ada beberapa tempat yang mendapat program PTSL karena ada juga yang tidak. Kalau tak salah Ada 3 atau 4 kelurahan saja. Tahun lalu yang mendapat program PTSL,” sebutnya.

Sementara itu, untuk kelurahan belum dapat program PTSL, Walikota telah memberikan kebijakan, salah satunya perwako untuk pendaftaran pertama kali. Jadi dari SKT/SKGR yang mau didaftarkan menjadi sertifikat. Jadi untuk pendaftar pertama kali diberikan diskon 50 persen. Ini berlaku diseluruh wilayah Kota Pekanbaru.

“Selain itu saat ini kuta tengah menyusun Perwako untuk menggratiskan BPHTB. Hari ini Al0hamdulillah dibahas lagi bersama DPRD Kota Pekanbaru. Pembahasan yang pertama ada sekitar 6 bulan yang lalu. Ini baru ada lagi dibahas usulan oemerintah sejak tahun lalu,” terangnya.

Tujuan dari kebijakan tersebut, lanjut Ami adalah untuk memberikan BPHTB itu gratis kepada masyarakat. Program tersebut direncanakan akan berjalan selama 2 tahun.

“Jadi selama 2 tahun kita berharap masyarakat segera mendaftarkan tanahnya. Dengan adanya ini minimal tanah masyarakat dapat terpetakan,” ungkapnya.

Targetnya kata Ami, tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia sidah terpetakan. Terkait hal ini Bapenda erharap ditahun 2024 atau 2025 itu sudah bidang tanah di Kota Pekanbaru sidah dipetakan.

“Syukur-syukur terdaftar semua. Jadi kita dalam rangka itu sekarang. Ada inpres tahun 2018 tentang percepatan PTSL dan juga PP 23 tahun 2021 tentang kebijakan satu peta, kami dengan BPN sedang mengerjakan itu saat ini,” sebut Ami.**/zie




 
Berita Lainnya :
  • Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved