Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19 Tahap Dua
Selasa, 02-02-2021 - 18:05:02 WIB
TERKAIT:
   
 

JAKARTA - Hari ini, Selasa (2/2/2021), bahan baku vaksin Covid-19 produksi Sinovac sejumlah 10 juta dosis tiba di Indonesia. Saat bersamaan juga diterima 1 juta dosis overfill dalam bentuk setengah jadi, yang merupakan ekstra volume dari Sinovac untuk mengantisipasi proses produksi yang nantinya akan dilakukan Bio Farma.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 PT Bio Farma, Bambang Heriyanto, dalam keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta, hari ini.

“Bahan baku yang sudah kita terima pada hari ini merupakan bagian dari bahan baku yang didatangkan dari Sinovac sebanyak 140 juta dosis untuk tahun 2021, yang pengirimannya akan dilakukan secara bertahap hingga bulan Juli 2021. Sebelumnya direncanakan November 2021, ini ada percepatan maju hingga Juli 2021,” ujar Bambang.

Disampaikan oleh Bambang, 15 juta dosis bahan baku vaksin tahap pertama yang tiba pada 12 Januari silam sudah mulai diproses di Bio Farma dan diperkirakan akan selesai produksinya pada tanggal 11 Februari mendatang.

“Yang kita terima pada hari ini akan mulai diproses pada tanggal 13 Februari dan diharapkan selesai 20 Maret 2021,” ujarnya.

Menurut Bambang, semua bahan baku yang telah diolah menjadi vaksin jadi harus melalui serangkaian uji mutu (quality control) yang ketat yang dilakukan oleh laboratorium Bio Farma dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pascaproduksi, pendistribusian vaksin Covid-19 juga harus dilakukan dengan penerapan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) di sepanjang jalur distribusi.***/ril





 
Berita Lainnya :
  • Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19 Tahap Dua
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved