Khasiat Tanaman dan Buah-buahan yang Disebut dalam Al-Quran
Selasa, 02-02-2021 - 09:02:08 WIB
Delima
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Allah SWT menciptakan segala sesuatu tidak pernah sia-sia, tak terkecuali tanaman yang menghasilkan buah-buahan. Bahkan Allah juga sudah menyebutkan dalam Al-Quran beberapa tanaman dan buah-buahan, yang ternyata berkhasiat untuk tubuh manusia.

Seperti Firman Allah dalam Surah An'am ayat 99, yang artinya:  "Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak.

Dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."

Akhirnya berbagai upaya dilakukan  para ilmuwan, termasuk para cendekiawan Muslim untuk menguak rahasia tananaman yang disebutkan dalam Al-Quran tersebut. Salah satu pakar botani Muslim Abad Pertengahan ternama adalah ad-Dinawari (828-896 M) melalui bukunya berjudul an-Nabat kemudian menuliskan khasiat buah-buahan tersebut.

1. Kurma
Al-Quran menyebutkan tanaman ini hingga 20 kali. Dan terbukti kurma kering bisa menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing, kurma basah berguna mencegah terjadinya pendarahan pada perempuaan saat melahirkan, pencegah stroke.

"Mengonsumsi tujuh kurma bisa menangkal sihir dan racun." (HR Bukhari-Muslim).

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan dan Gizi menemukan bahwa kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan usus besar. Karena kurma membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Kurma yang mengandung gula alami, glukosa, fruktosa dan sukrosa yang membantu meningkatkan energi seseorang. Pastinya kurma sebagai sumber energi lebih baik dari minuman berenergi. Karena, kurma mengandung komponen sehat seperti serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan yang meningkatkan energi.

Kurma juga bisa menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C pada kurma lah yang bisa mengatasi dua masalah kulit yang sering dialami oleh wanita. Pasti enggak mau dong kulit yang tidak elastis dan ada tanda-tanda penuaan dini.

2. Anggur
Anggur termasuk buah-buahan yang terbaik dan paling banyak kegunaannya, bisa dimakan dalam keadaan basah maupun kering, yang hijau dan masak maupun yang masih mengkal.
 
Anggur menjadi buah sesungguhnya bila dikombinasikan dengan buah-buahan, menjadi makanan pokok bila digabungkan dengan makanan lain, menjadi lauk bila dikombinasikan dengan lauk lain, menjadi obat bila dicampur dengan obat lain dan menjadi minuman bila dicampur dengan minuman lain.”

Vitamin C buah anggur dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Kandungan B6 pada anggur juga sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal.

Melalui tes laboratorium, jus anggur terbukti mampu menghentikan produksi hormon esterogen dala sel. Penelitian terakhir menggunakan tikus yang ditanami sel tumor menunjukkan bahwa tikus yang diberi 0,5 ml jus anggur selama lima minggu, ukuran tumornya hanya sepertiga dari tikus yang tidak diberi jus anggur

3. Jahe                            
Tanaman obat dan berkhasiat lainnya yang diabadikan Al-Quran adalah jahe. Firman Allah dalam surah al-Insan: 17 yang artinya: “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”

Jahe berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh, memberikan efek kehangatan, penangkal masuk angin dan lainnya. Abu Nu’aim dalam ath-Thibb an-Nabawi, Rasulullah SAW sangat suka mendapatkan hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi.  

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

Jahe juga bisa menangkal kanker. Salah satu kandungan dalam jahe yang berperan mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

University of Minnesota melakukan percobaan kepada sekelompok tikus, pada kelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor. Sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

4. Tin
Selain zaitun, demi buah tin inilah Allah SWT bersumpah, sebagaimana termaktub pada surah at-Tiin ayat 1 yang artinya: "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.

Tin ternyata mengandung kalium, omega 3 dan 6, fenol dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga serangan jantung koroner. Selain juga kandungan serat makanan yang cocok dan disarangkan untuk diet. Khasiat dan manfaat buah tin  lainnya bisa mengobati disfungsi seksual, sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, asma, mencegah kanker, dan lain-lain.

Kandungan serat buah tin telah dikenal dapat melindungi tubuh terhadap kanker payudara. Pasalnya serat dapat membantu pertahanan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Apalagi pada tubuh wanita di usia menopause, keseimbangan hormon sering berfluktuasi. Hormon-hormon ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai makanan berserat tinggi yang membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Manfaat buah tin yang satu ini diperantarai oleh kandungan potasium dan magnesium, yang membantu mengatur pelepasan insulin sehingga jumlah gula dalam darah dapat dikendalikan.

5.Delima
Penelitian terbaru menyebutkan bahwa buah delima kaya akan antosianidin yang berkhasiat antioksidan dan anti-inflamasi. Jus buah delima disebut-sebut memiliki antioksidan lebih besar daripada “makanan super” lain seperti anggur merah, teh hijau, dan blueberry. Antioksidan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Kerusakan sel ini berkaitan dengan segala macam penyakit termasuk kanker, penyakit jantung dan alzheimer.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences juga menemukan bahwa jus delima memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti serangan jantung dan stroke. Buah delima mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya.

Prostat Spesifik Antigen (PSA) merupakan penanda yang penting dalam diagnosis kanker prostat. Pria yang kadar PSA-nya berlipat ganda dalam waktu singkat berisiko tinggi terkena kanker prostat. Studi yang diterbitkan National Institute of Health menemukan bahwa dengan meminum 8 ons (237 ml) jus delima per hari dapat meningkatkan waktu penggandaan PSA dari 15 bulan menjadi 54 bulan.***/zi/int





 
Berita Lainnya :
  • Khasiat Tanaman dan Buah-buahan yang Disebut dalam Al-Quran
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved