Rahasia Dibalik Puasa Senin Kamis yang Sering Dilakukan Rasulullah SAW
Senin, 07-02-2022 - 10:58:11 WIB
Puasa Senin Kamis
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Nabi Muhammad SAW kerap berpuasa pada hari Senin dan hari Kamis. Lalu mengapa puasanya dilakukan pada Senin-Kamis, mengapa bukan hari yang lain? Ternyata ada rahasia didalamnya

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka aku bertanya kepada Beliau, lalu Beliau bersabda, 'Sesungguhnya amalan-amalan seseorang didatangkan pada Senin dan Kamis."

Rasulullah SAW memang menekankan perhatiannya terhadap puasa Senin dan Kamis. Sangat jarang beliau meninggalkannya karena manfaat dan keutamaan berpuasa pada Senin dan Kamis tersebut.

Aisyah ra mengatakan, "Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. An Nasai dan Ibnu Majah).

Lantas apa keutamaan orang yang melaksanakan puasa sunah tersebut? Ternyata ada beberapa mukjizat Puasa Senin-Kamis yang Perlu Dipahami Umat Islam.

Dalam buku Inilah Alasan Rasulullah SAW Menganjurkan Puasa Sunah oleh H. Amirulloh Syarbini dan Hj. Iis Nur'aeni Afgandi ditulis alasan Nabi Muhammad SAW memberikan contoh berpuasa Senin-Kamis pada umatnya.

Salah satunya karena hari Senin dan Kamis merupakan waktu amal-amal para hamba akan dilaporkan dan diperiksa oleh Allah. Hal ini sesuai dengan Hadits Tirmidzi, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis. Oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa." (HR Tirmidzi).

Kemudian, setiap tahun Allah SWT membukakan pintu surga pada bulan Ramadhan. Sementara setiap pekannya, Allah membukakan pintu-pintu surga untuk hamba-hamba-Nya pada hari Senin dan Kamis.

Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Adalah hati Senin 12 Rabiulawal tahun 571 Masehi. Dan Allah menurunkan Kitab Suci Al Quran kepada Nabi Muhammad pada hari Senin.

Sebagai umat Islam yang baik, tentunya kita lebih mengagungkan hari lahirnya Nabi Muhammad dan Al Quran dengan berpuasa sebagaimana Nabi SAW telah mencontohkannya.**/zie/berbagai sumber

 

 




 
Berita Lainnya :
  • Rahasia Dibalik Puasa Senin Kamis yang Sering Dilakukan Rasulullah SAW
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved