Ketika Gagal Jangan Putus Asa, Teruslah Berdoa dan Berusaha
Senin, 24-01-2022 - 07:06:20 WIB
Jangan putus asa
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Dalam menempuh perjalanan kehidupan, kita tentu pernah gagal. Mungkin ada harapan yang tak tercapai atau ada kisah yang tidak sesuai dengan keinginan. Kegagalan kemudian memunculkan kekecewaan, penyesalan bahkan bisa membutakan pikiran yang berujung buruk sangka kepada Allah SWT.

Kecewa dan penyesalan memang sesuatu yang manusiawi. Tetapi kecewa dan penyesalan yang berlebihan adalah sebuah kesalahan. Penyesalan hendaknya jangan sampai menghilangkan harapan. Jangan sampai membandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

Karena hidup bukan untuk dibandingkan, apalagi disandingkan, tapi dijalankan. Setiap orang punya momennya. Setiap individu ada takdirnya.

Karena itu berbaik sangkalah kepada Allah. Jalani takdir kehidupan, mengikuti alur yang telah ditentukan Allah SWT. Terima kegagalan harapan dengan ketentuan yang telah Allah berikan.

Lalu bangun percaya bahwa setelah mengalami banyak kegagalan dan kesulitan pasti akan datang berbagai kemudahan.

Allah SWT berfirman: "Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan; sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan …” (QS al-Insyirah: 5-6).

Allah SWT berfirman, ” Tidak ada yang berputus asa dari rahmat Tuhannya kecuali orang yang sesat” (QS al-Hijr: 56).

Karena itu teruslah berikhtiar dan berdoa kepada Allah. Kuatkan kesabaran dan jangan berputus asa. Jangan pendam kecewa. Terus membangun harapan dan bekerja sesuai kemampuan.

Tentu orang mukmin tidak akan pernah berputus asa, karena kegagalan atau musibah yang menimpanya. Kesabaran dan ketabahan akan menjadi senjata untuk menghadapi kesulitan yang menerpa.

Lebih baik belajar ikhlas menerima takdir dari Allah SWT. Tanamkan keyakinan bahwa suatu saat nanti Allah akan menghilangkan semua kesulitan itu.

Janji Allah dalan firman-Nya: “Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman” (QS al-Hajj: 38).

Apa yang harus dilakukan? Teruslah berharap kepada Allah karena Dia sebaik-baiknya pengharapan. Teruslah berdoa karena Allah tahu kapan waktu terbaik untuk menjawab doa umatNya.

Ibnu Athaillah menuliskan sebuah kata indah untuk dia: “Jangan sampai tertunda karunia Allah kepadamu, setelah kau mengulang-ulang doamu, membuatmu putus asa. Karena dia menjamin pengabulan doa sesuai pilihannya, bukan sesuai pilihanmu, pada waktu yang diinginkannya, bukan pada waktu yang engkau inginkan.”

Sementara Syekh asy-Sya’rawi menuliskan: “Kamu akan dikejutkan dengan sesuatu yang pernah engkau minta pada Allah sejak waktu yang begitu lama, lalu dikabulkan. Mungkin engkau sudah lupa, tapi Allah tidak pernah melupakannya (doamu).”**/zie (berbagai sumber)

 

 




 
Berita Lainnya :
  • Ketika Gagal Jangan Putus Asa, Teruslah Berdoa dan Berusaha
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved