Memperbanyak Shalawat di Hari Jumat Juga Berfungsi untuk Ketenangan Hati
Jumat, 07-01-2022 - 09:22:45 WIB
Mari bershalawat
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Banyak  keutamaan pada hari ini dan di hari ini pula umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya membaca shalawat.

Shalawat adalah bentuk penghormatan untuk mendoakan. Membaca shalawat untuk Nabi, memiliki maksud mendoakan atau memohonkan berkah kepada Allah SWT untuk Nabi dengan ucapan, pernyataan serta pengharapan, semoga dia sejahtera.

Firman Allah SWT yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (Q.S 33:56).

Menurut Syekh Aidh Al-Qarni dalam kitab "Sentuhan Spiritual"  membaca shalawat penting karena bisa menjadi perisai umat Islam. 

Memperbanyak membaca shalawat di hari Jumat juga sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:

“Sesungguhnya yang paling utama dari harimu adalah hari Jumat. Di dalamnya diciptakan Adam, di dalamnya ia dicabut (nyawa), di dalamnya tiupan (sangkakala), dan di dalamnya keterkejutan. Maka, perbanyaklah shalawat kepadaku di hari itu. (Karena) sesunggguhnya kamu diperlihatkan kepadaku."

Menurut Syekh Aidh Al Qarni, membaca shalawat di hari Jumat selain dapat menjadi perisai untuk mendapatkan syafaat Nabi, memperbanyak membaca shalawat juga dapat membantu proses ketenangan hati.

Sementara Ustaz M. Kamaluddin dalam buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW mengatakan, shalawat ma'tsuroh adalah shalawat yang bersumber langsung dari Allah SWT dan keutamaannya ditujukan untuk Rasulullah SAW.

Contoh bacaannya: "Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanmu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka."

Sebetulnya selain shalawat Matsurah juga ada Tibbil Qulub, hingga Nariyah. Bacaan shalawat Nabi Muhammad SAW lainnya adalah:

"Allahumma shalli 'ala Muhammad wa'ala ali Muhammad."

Artinya: "Ya, Allah. Berilah sanjungan kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW." **/zie/berbagai sumber


 






 
Berita Lainnya :
  • Memperbanyak Shalawat di Hari Jumat Juga Berfungsi untuk Ketenangan Hati
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved