Festival Bagholek Godang Kampar, Seni Budaya Menjadi Destinasi Wisata
Sabtu, 20-11-2021 - 17:31:35 WIB
Festival Pulau Belimbing
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pemerintah Kabupatene Pemkab) Kampar mendukung dan memberi support kegiatan yang digelar oleh masyarakat Desa Pulau Belimbing, yang hari ini melaksanakan Festival Pulau Belimbing.

Kegiatan ini bertujuan memajukan kebudayaan desa serta melestarikannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui destinasi wisata budaya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Zulia Dharma, saat membuka Festival Pulau Belimbing dengan tema "Bagholek Godang" yang diselenggarakan di Desa Wisata Pulau Belimbing I Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Sabtu (20/11/2021).

Menurut Zulia Dharma, budaya yang sudah ada di daerah Kampar agar dijaga keutuhan serta kelestariannya, sehingga kedepannya bisa membangkitkan kembali budaya melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan.

"Kedepannya saya berharap Festival Pulau Belimbing ini bukan hanya dilaksanakan tingkat kecamatan Kuok akan tetapi juga kita jadikan sebagai ivent tingkat provinsi, bahkan nasional nantinya. Untuk itu mari kita saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam meningkatkan kebudayaan di daerah kita ini," katanya.

Sementara itu, sekapur sirih dari Datuok M. Ali Gindo jo Bosagh Pasukuan Domo Kenegerian Kuok didampingi ahli waris rumah lontiok Zulhelma menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya dan untuk mengenang kembali bagaimana budaya yang sebenarnya.

"Melalui kegiatan ini dapat kita perkenalkan dan ajarkan kepada anak keponakan kita serta masyarakat luas tentang bagaimana adat yang sebenarnya," kata Datuok Gindo jo Bosagh Kenegerian Kuok.

Sementara Ketua Panitia yang juga selaku pendamping desa budaya, Fitrah, menyampaikan bahwa tujuan acara ini untuk mendukung proses dan mewujudkan inisiatif kemajuan kebudayaan melalui pemberdayaan masyarakat desa.

Tahun ini kata Fitrah, Direktorat Jenderal Kebudayaan memiliki target 359 desa yang mengikuti platform Pemajuan Kebudayaan Desa yang akan dilaksanakan melalui dua kegiatan, yaitu Pengembangan Masyarakat serta Jendela Budaya Desaku.

Acara dilanjutkan dengan tata cara keagamaan adat nikah kawin, gubano, maghatok tuwun tanggo, silek bungo, gondang oguong serta basiacuong.

"Ini merupakan budaya pernikahan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wisata Pulau Belimbing Desa Kuok," katanya.**/dai




 
Berita Lainnya :
  • Festival Bagholek Godang Kampar, Seni Budaya Menjadi Destinasi Wisata
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved