Sudah Dua Bulan Stok Minyak Goreng di Bulog Sumbar Kosong
Jumat, 12-11-2021 - 12:19:30 WIB
Minyak Goreng (Int)
TERKAIT:
 
 

BNEWS - Ternyata stok minyak goreng kosong semenjak dua bulan terakhir di Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat (Sumbar). Akibatnya Bulog Sumbar tidak bisa menjaga pasokan untuk saat ini.

Menurut Kepala Bulog Wilayah Sumbar, Tommy Despalingga, meski di Bulog kosong tetapi kondisi minyak goreng dipasaran tidak terjadi kelangkaan karena masih banyak minyak dipasaran.

Sementara soal kekosongan mehurut Tommy disebabkan mekanisme pasar karena bahan baku sawit naik, dan minyak goreng tidak bisa distok banyak karena memiliki masa kedaluwarsa tidak seperti beras, kedelai dan gula pasir.

"Sebetulnya dengan kondisi harga tinggi ini bisa saja Bulog beli minyak goreng namun tidak mungkin kita lakukan. Misal beli dengan harga Rp16.000- Rp17.000/liter. Tapi, kan tidak mungkin dijual dengan menekan harga," ujar Tommy, Jumat (12/11/2021), dilansir iNews.id.

Tommy menyebut bahwa pihaknya bisa saja melakukan pembelian disaat harga tinggi ini tapi harus ada semacam penugasan dari pemerintah untuk menggelar operasi pasar.

"Kecuali kalau pemerintah menugaskan untuk operasi pasar maka akan kita beli dengan harga berapapun. Kerugiannya nanti ditanggung pemerintah. Begitu bentuk penugasannya kepada Bulog, beda dengan beras yang memang ada penugasannya, kita laksanakan," kata Tommy.

Untuk menyikapi kenaikan harga minyak goreng, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait yang ada di Sumbar. Mulai dari Pemerintah daerah hingga distributor minyak goreng.

"Intinya sekarang kita mengambil langkah-langkah untuk membantu masyarakat dengan koordinasi. Misalnya, distributor bisa menjual dengan harga tidak terlalu tinggi dan BUMN bisa menyalurkan CSR untuk pola subsidi atau menggelar operasi pasar. Jadi bagaimana berupaya untuk membantu masyarakat ekonomi menengah kebawah," kata Tommy.***




 
Berita Lainnya :
  • Sudah Dua Bulan Stok Minyak Goreng di Bulog Sumbar Kosong
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved