Bumi Hari Ini Diterjang Badai Matahari, Menyebabkan Gangguan Listrik dan Satelit
Selasa, 28-09-2021 - 12:41:31 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Hari ini, Selasa (28/9/2021), badai matahari dengan skala sedang menerjang Bumi dan kemungkinan akan mengakibatkan gangguan satelit hingga gangguan listrik. Demikian siaran Asosiasi Oseanograf dan Atmosfer Nasional (NOAA) Amerika Serikat.

"Gangguan satelit dan beberapa gangguan jaringan listrik itu bisa terjadi pada wilayah yang berada di garis lintang tinggi seperti Kanada, Irlandia Utara, dan beberapa wilayah Rusia. Badai tertinggi diperkirakan terjadi pada 28 September dengan level G2 (moderat), 29 September G1 (minor), 30 September tidak ada (dibawah G1)," demikian tertulis dalam laman NOAA.

Meski begitu, badai ini dinyatakan relatif lemah dan berada pada tingkatan G2 dari 5 tingkatan skala badai matahari. NOAA menyatakan hanya badai matahari dengan level G4 ke atas yang dapat menyebabkan gangguan listrik secara masif.

Melansir laman NOAA, 5 skala badai matahari ini disimbolkan dengan satuan G1 hingga G5. Gangguan yang ditimbulkan akibat badai ini disebut bisa mengganggu sistem kelistrikan, pesawat luar angkasa, dan sistem lain.

Selain menimbulkan gangguan listrik dan satelit, badai matahari sedang ini juga membuat aurora bisa terlihat di sebagian negara. Lantaran berskala sedang, maka wilayah yang bisa menyaksikan aurora terjadi di wilayah yang lebih luas.

Biasanya aurora ini hanya bisa disaksikan di wilayah dengan garis lintang tinggi dan dekat dengan kutub. Sehingga aurora yang biasanya hanya terlihat di belahan Bumi utara seperti negara Finlandia, Swedia, Norwegia, Islandia, Greenland, dan Kanada.

"Area terdampak terutama di (sekitar area) 60 derajat Lintang Geomagnetik dari kutub," lanjut NOAA.

Sementara untuk badai matahari kali ini, aurora juga bisa diamati di wilayah dengan garis lintang yang lebih rendah seperti di langit New York, Wisconsin, dan Washington, Amerika Serikat.**/sumber: CNNIndonesia.com.




 
Berita Lainnya :
  • Bumi Hari Ini Diterjang Badai Matahari, Menyebabkan Gangguan Listrik dan Satelit
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved