Elpahri Adha, Camat Petani dari Inhu dan Dapat Apresiasi dari Bupati Rezita
Sabtu, 28-08-2021 - 17:01:12 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Selalu ada rindu datang ke kantor Camat Sei Lala di Indragiri Hulu (Inhu) ini, rindu menatap hijau yang menghampar, rindu memetik aneka sayuran dengan riang. Tentunya juga rindu makan jambu di bawah pohonnya yang rindang.

Jika pagi kita datang akan terlihat Pak camat sibuk menyirami sayuran, sebelum waktu jam kerja. Jika sore hari akan terlihat Camat bertubuh kecil ini dengan lincah bergerak ke sana kemari, menggemburkan tanah, memberi pupuk atau membuang daun-daun yang menguning.

Dan tentu jika ada tamu datang, mereka akan menemukan sosok petani yang profesional dan dengan tekun menjaga tanamannya.

Di halaman kantor camat yang luas ini tidak pernah berhenti sayur-sayuran ditanam dan dipetik. Ada kangkung, terung, pak coi, tomat, mentimun, cabe merah, cabe rawit dan di halaman belakang juga ditanam jagung. Sayuran ini ganti berganti ditanam, tapi kangkung selalu ada.

Kebutuhan sayuran pegawai kantor camat sudah terpenuhi. Masyarakat sekitar juga jika butuh sayur bisa panen sendiri. Bahkan jika panen berlimpah, sayuran juga dibagi untuk desa-desa yang berdekatan dengan kantor camat.

Bahkan Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh camat Sei Lala dan pantas dijadikan contoh. Karena apa yang telah dilakukan merupakan salah satu cara membangun ketahanan pangan, apalagi saat Pandemi ini.

"Tentu ini patut ditularkan bahkan sampai ke pekarangan keluarga. Jika untuk sayuran sudah terpenuhi dari halaman rumah itu artinya penghematan. Kalau hasilnya berlimpah, bisa dijual. Ini akan membantu ekonomi keluarga, apalagi di saat Pandemi covid-19 ini, saat ekonomi juga merasakan dampaknya," kata Rezita, saat panen sayuran di depan kantor Camat Sei Lala dan membagikan bibit tanaman untuk masyarakat sekitar, Jumat (27/8/2021).

Menurut Rezita, Camat Sei Lala langsung memberikan contoh bagaimana memanfaatkan halaman. Dulu halaman kantor camat dipenuhi bunga dan terlihat cantik, tapi nilai ekonominya tentu tidak ada.

"Saya tidak melarang ibu-ibu menanam bunga karena itu sebuah keindahan, tapi tanam lah juga halaman dengan sayuran, paling tidak untuk kebutuhan keluarga sendiri," kata Rezita.

Begitulah keseharian camat Sei Lala dan ketika mau pulang Saya pun dihadiahi banyak sayuran. Keindahan, nilai ekonomi dan kesehatan karena tubuh selalu bergerak, adalah contoh yang hendak diberikan Elpahri Adha. Keren Pak Camat **/diamanda




 
Berita Lainnya :
  • Elpahri Adha, Camat Petani dari Inhu dan Dapat Apresiasi dari Bupati Rezita
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved