Ismail Sabri Ditetapkan Jadi Perdana Menteri Baru Malaysia
Jumat, 20-08-2021 - 17:06:01 WIB
Ismail Sabri Yakoop
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Raja Malaysia Yang di Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah telah menetapkan penunjukan Ismail Sabri Yakoop sebagai Perdana Menteri kesembilan, menyusul pertemuan khusus yang melibatkan para penguasa Melayu pada Jumat (20/8/2021) sore ini.

"Sesuai dengan Pasal 40(2)(a) dan Pasal 43(2)(a) Konstitusi Federal, Yang Mulia telah menetapkan Ismail Sabri sebagai Perdana Menteri kesembilan," kata Fadil Pengawas Rumah Tangga Kerajaan untuk Istana Negara, Ahmad Fadil Shamsuddin, Jumat (20/8/2021).

Fadil mengatakan, pelantikan Ismail Sabri sebagai Perdana Menteri akan dilakukan pada Sabtu besok (21/8/2021) pukul 14.30 WIB di Istana Negara.

Sebelumnya, Ismail Sabri yang merupakan mantan Wakil Perdana Menteri, telah diprediksi untuk menjadi PM baru Malaysia menggantikan Muhyiddin Yasin yang mundur dari jabatannya pada Senin (16/08/2021).

Muhyiddin mundur setelah mengakui bahwa ia telah kehilangan dukungan dari aliansinya. Dengan itu ia mengakhiri masa jabatannya yang penuh gejolak selama 17 bulan. Pengunduran diri ini terjadi di tengah lonjakan kasus Covid-19 dan kelesuan ekonomi di negara tersebut.

Seperti diberitakan DW, terpilihnya Ismail Sabri sebagai PM menandai kembalinya partai United Malays National Organisation (UMNO) ke tampuk pimpinan, tiga tahun setelah kekalahan partai tersebut dalam pemilihan umum akibat tuduhan korupsi yang meluas.

Terutama, skandal korupsi miliaran dollar terkait dana investasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang melibatkan mantan PM Najib Razak, yang membuat UMNO tersungkur.

UMNO, partai yang memimpin Malaysia selama lebih dari 60 tahun, merupakan bagian dari koalisi Muhyiddin. Pemerintahan koalisi PM Muhyiddin yang hanya memiliki mayoritas tipis, tumbang, setelah sejumlah anggota parlemen UMNO mencabut dukungannya.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • Ismail Sabri Ditetapkan Jadi Perdana Menteri Baru Malaysia
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved