Jepang Punya Pulau Baru Akibat Erupsi Gunung Api Bawah Laut
Jumat, 20-08-2021 - 15:25:08 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Sebuah pulau baru ditemukan di wilayah perairan Jepang dan diduga hasil erupsi gunung api bawah laut. Seperti dilansir Independent, Jumat (20/8/2021), pulau baru itu ditemukan pada jarak 745 mil laut dari selatan Ibu Kota Tokyo.

Pulau ini menjadi yang paling selatan di gugus Kepulauan Ogasawara, yang berada pada jarak 31 mil dari Pulau Minami Ioto yang tidak berpenghuni.

Pulau itu terlihat dalam pengamatan melalui udara oleh Korps Penjaga Pantai Jepang pada 16 Agustus lalu. Pulau dengan bentuk bulan sabit itu mempunyai diameter kurang dari satu kilometer, tepatnya 0.997 kilometer.

Citra hasil pengamatan lewat udara terhadap pulau itu diunggah di akun Twitter Korps Penjaga Pantai Jepang.

Menurut peneliti Pusat Penelitian Magma Vulkanik Institut Teknologi Tokyo, Profesor Kenji Nogami, perubahan warna air laut di sekitar pulau baru itu menunjukkan ada kegiatan hidrotermal yang terjadi di bawah laut.

Menurut dia pulau baru itu terbentuk dari endapan abu vulkanik dan batu apung. Akan tetapi, lanjut Kenji, pulau itu bakal mengalami erosi dan menyusut akibat aktivitas perairan dan ombak.

Erupsi gunung bawah laut di Jepang tercatat terjadi pada 1904, 1914, dan 1986. Kegiatan vulkanik bawah laut itu menghasilkan pulau baru yang tidak berumur panjang.

Menurut laporan surat kabar Mainichi Shimbun, Badan Meteorologi Jepang meyakini erupsi itu dimulai pada akhir pekan lalu dan diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang.

Mereka juga menerbitkan peringatan akan bahaya asap akibat aktivitas erupsi dan juga endapat abu vulkanik di sekitar wilayah perairan itu.

Jika kegiatan vulkanik dan aliran lava berlanjut dalam waktu yang cukup panjang, maka pulau baru itu kemungkinan besar bisa membentuk pulau yang lebih permanen.**/sumber: CNNIndonesia.





 
Berita Lainnya :
  • Jepang Punya Pulau Baru Akibat Erupsi Gunung Api Bawah Laut
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved