Polresta Padang Tangkap 5 Penipu Modus Buat Majalah Atas Nama Bappeda
Minggu, 15-08-2021 - 10:04:03 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Komplotan penipu dengan modus meminta bantuan memakai kop surat bertanda tangan Gubernur Sumatra Barat, berhasil ditangkap aparat Sat Reskrim Polresta Padang, Sabtu (14/8/2021).

Penangkapan berawal saat salah satu dari mereka, DR, tertangkap tangan saat hendak melakukan penipuan. Melalui tersangka DR, petugas melakukan pengembangan, memancing komplotan pelaku dengan mengajak bertemu di salah satu pusat buah di daerah Air Camar, Kecamatan Padang Timur.

Aparat bergerak dan dua orang komplotan tersangka berinisial 
AG dan MR diciduk saat berada di pinggir jalan. Selanjutnya petugas melakukan penangkapan terhadap tersangka DS yang tinggal di sebuah rumah kontrakan yang juga berada di daerah Air Camar.

Petugas juga menggeledahan kantor tersangka di daerah Aurduri. Sejumlah barang bukti berupa berkas-berkas dan dokumen yang diduga palsu ditemukan di lokasi.

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, dalam modus operandinya para pelaku mengaku sebagai honorer di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar. 

Mereka kemudian meminta uang kepada sejumlah perusahaan, kampus dan rumah sakit swasta yang ada di kota padang dengan kop surat dari bappeda. Surat itu juga ditandatangani Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah.

"Penangkapan ini berdasarkan laporan salah satu pemilik restoran di Kota Padang. Pemilik restoran ini diberikan surat yang isinya dari Gubernur Sumbar dengan mengaku butuh dana untuk promosi pembuatan majalah," ucap Rico, Sabtu (14/8/2021).

Masing-masing perusahaan dijanjikan tampil di dalam majalah profil Provinsi Sumatra Barat yang dianggap sebagai iklan atau promosi. Syaratnya, mereka harus membayar sejumlah uang dengan nominal Rp8 hingga Rp20 juta rupiah per perusahaan.

'Jadi modusnya minta ditransfer ke rekening pribadi, padahal di kop suratnya pakai Bappeda Sumbar," katanya, dioandir Inews.id.

Sejumlah korban pun kemudian mentransfer ke rekening pribadi tersangka. Kepolisian sampai saat ini masih menunggu konfirmasi dari Pemprov Sumbar perihal keabsahan surat yang digunakan para terduga pelaku. Pengakuan para pelaku surat tersebut didapatkan dari pihak gubernur.

'Kami akan mengkroscek ke pihak gubernur. Kelima orang ini tidak bekerja di pemerintahan, tapi membawa kop surat dari bappeda," tuturnya.**/zi




 
Berita Lainnya :
  • Polresta Padang Tangkap 5 Penipu Modus Buat Majalah Atas Nama Bappeda
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved