WHO: Penularan Covid-19 Bisa Memunculkan Varian Baru Lebih Berbahaya
Kamis, 22-07-2021 - 07:07:01 WIB
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)
TERKAIT:
   
 

BNEWS -  Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memperingatkan rantai penularan Covid-19 secara global. Menurutnya, jika tak terkendali maka potensi munculnya varian baru yang lebih berbahaya dari Delta semakin terbuka.

"Semakin banyak transmisi, semakin banyak varian yang muncul dengan potensi lebih berbahaya dari varian Delta. Semakin banyak varian, semakin tinggi kemungkinan salah satu dari mereka akan menghindari vaksin dan membawa kita semua kembali ke titik awal,” kata Ghebreyesus, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, alasan mengapa dunia masih tidak dapat mengatasi pandemi meskipun memiliki semua instrumen yang diperlukan adalah kurangnya komitmen politik nyata.

Ghebreysus secara khusus menyinggung negara anggota G20. Menurutnya mereka perlu menunjukkan kepemimpinan guna memastikan peningkatan dan penyebaran alat yang diperlukan untuk menyelematkan nyawa.

“Jika mereka mau, ekonomi terkemuka dunia dapat mengendalikan pandemi secara global dalam hitungan bulan dengan berbagi dosis (vaksin) melalui Covax, mendanai Akselerator ACT, dan memberi insentif kepada produsen untuk melakukan apa pun untuk meningkatkan produksi," ujar Ghebreyesus, dilansir republika.

Bersama dengan kepala Dana Moneter Internasional, Bank Dunia, dan Organisasi Perdagangan Dunia, Ghebreyesus telah menyerukan dorongan global besar-besaran untuk memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasi setiap negara pada September.

Ia berharap angka itu meningkat menjadi setidaknya 40 persen pada akhir tahun ini. Sedangkan pada pertengahan tahun depan bisa mencapai 70 persen.

Ghebreyesus mengungkapkan untuk mencapai tujuan tersebut, dunia membutuhkan 11 miliar dosis vaksin. Sejauh ini dunia telah mencatatkan 191 juta kasus Covid-19. Lebih dari 4,1 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat pandemi. Sementara jumlah vaksin yang telah diberikan mencapai 3,9 miliar dosis.**/ara




 
Berita Lainnya :
  • WHO: Penularan Covid-19 Bisa Memunculkan Varian Baru Lebih Berbahaya
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved