Enam Jenis Sayur dan Buah Pelancar BAB
Sabtu, 28-11-2020 - 08:30:51 WIB
Sayur Bayam
TERKAIT:
   
 

JAKARTA - Sulit buang air besar atau BAB menjadi masalah banyak orang. Salah satu penyebab karena kurangnya asupan serat. Kondisi ini tentu saja membuat perut terasa tak nyaman.

Banyak obat-obatan hingga jamu saat ini dipromosikan dan dikatakan ampuh untuk membuat BAB lancar. Tetapi sesungguhnya asupan makanan alami lebih baik dan tentu saja lebih sehat untuk tubuh secara keselutuhan.

Ada buah dan sayur yang rasanya enak, kaya serat, dan mengandung berbagai nutrisi lain yang juga diperlukan tubuh, yang jika dikomsumsi bisa membuat BAB lancar, tanpa masalah di perut kita.

Berikut buah dan sayur yang rasanya enak, gampang mendapatkannya dan mampu membantu kelancaran BAB.

Sayur Bayam
Sayuran bisa memperlancar buang air besar, salah satunya bayam. Satu cangkir bayam mengandung setidaknya 4,3 gram serat. Selain bayam, brokoli juga bisa jadi pilihan terbaik untuk melancarkan BAB.

Ubi Jalar
Makanan ubi jalar punya banyak manfaat sehat termasuk melancarkan buang air besar. Lagi-lagi karena ada kandungan serat dalam ubi. Satu buah ubi ukuran sedang mengandung sekitar 3,8 gram serat. Ubi sebagian besar mengandung serat tidak larut berupa selulosa dan lignin.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang memperlancar buang air besar. Pilihan terbaik ada pada kacang merah, lentil, atau kacang polong.

Kacang mengandung campuran serat larut dan tidak larut. Karenanya mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin akan memudahkan pergerakan usus untuk mengeluarkan kotoran.

Buah Apel
Apel termasuk buah pelancar BAB yang bisa rutin dikonsumsi. Apel terkenal memiliki serat tinggi. Satu buah apel ukuran sedang yang dimakan dengan kulitnya, mengandung 4,4 gram serat. Jumlah ini memenuhi sekitar 17% rekomendasi kebutuhan serat harian.

Buah Pir
Buah Pir juga bisa jadi pilihan, karena satu buah pir mengandung 5,5 gram serat dalam  ukuran sedang. Selain itu pir mengandung sorbitol yang bersifat sebagai pencahar alami

Roti gandum utuh
Ternyata makanan yang memperlancar buang air besar bukan hanya buah dan sayur saja. Kita juga bisa mengonsumsi roti gandum utuh sebagai pilihan. Tentunya pastikan memilih roti yang benar-benar dibuat dari gandum utuh. Karena jenis roti ini masih mengandung banyak serat.***





 
Berita Lainnya :
  • Enam Jenis Sayur dan Buah Pelancar BAB
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved