130 Orang Santri Diniyah Putri Padang Panjang Positif Covid-19
Sabtu, 28-11-2020 - 07:47:28 WIB
TERKAIT:
   
 

SUMBAR -  Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyarankan agar dilakukan lockdown di pesantren Diniyah Putri Padang Panjang, karena sudah 130 orang santri positif Covid-19 hingga Kamis (26/11/2020).

Menurut Jasman, hanya dalam waktu dua hari diketahui yang terpapar covid-19 sangat banyak. Pertama pada Rabu (25/11/2020) sebanyak 49 orang, dan Kamis (26/11/2020) sebanyak 81 orang.
.
Penyebaran covid-19 di Diniyah Putri menurutnya perlu tindakan cepat dan tegas untuk menghentikannya. Ia menyarankan kepada Pemerintah Padang Panjang, untuk memutus mata rantai covid-19, di Diniyah Putri Padang Panjang harus segera lockdown.

“Saya sudah katakan ke Sekda Padang Panjang, agar dilakukan tes swab ulang lagi dan lakukan isolasi di sana, semua yang negatif diulang lagi semuanya,” katanya, dilansir dari Langgam.id.

Selain itu, juga diminta jangan ada yang keluar masuk ke sana. Kemudian semua yang dilakukan tes swab, lalu hasilnya negatif silakan pulang. Sementara yang hasilnya positif covid-19 tetap bertahan di asrama. Kemudian dilakukan penanganan selanjutnya.

“Saya yakin yang kemaren itu yang tes swabnya ada yang negatif, tetapi mereka semua kan main-main saja, akhirnya ada yang lain positif, terbukti hari ini bertambah,” katanya.

Kepala Dinkes Padang Panjang Nuryanuwar mengatakan awalnya untuk tes swab hari pertama keluar hasilnya, 49 orang yang positif. santri umumnya dan diisolasi di Diniyah Putri saja . Kemudian bertambah lagi 81 orang.

“Diisolasi dengan ruangan yang memadai. Hari ini keluar lagi, informasi awal ada 81 orang yang positif. Mayoritas juga santri. Yang positif, diisolasi. Lakukan pengobatan, supaya bisa negatif covid dan sembuh,” katanya.

Terkait lockdown sesuai arahan provinsi, pihaknya sedang membicarakan ini. Untuk sementara, pihaknya sudah minta jangan ada yang keluar masuk asrama dulu sementara ini. Hal itu meminimalisir adanya penyebaran.

“Kalau ada urusan penting saja baru boleh, kita lihat dalam seminggu ini. Kita awasi seminggu ini. Informasi awal, 400 an santri yang ada di Diniyah. Mana yang belum di swab, akan kita swab,” katanya.

Ia mengimbau bagi yang sudah isolasi tetap terapkan protokol kesehatan. Kemudian menjaga jarak, memakai masker, rajin cuci tangan. Kemudian melaksanakan senam, berjemur, dan asupan gizi juga  disampaikan ke pengelola.

“Keluarga dari luar jangan datang dulu. Semuanya tenang. Jika patuh, bisa ditangani, tidak perlu panik dan takut,” katanya.***




 
Berita Lainnya :
  • 130 Orang Santri Diniyah Putri Padang Panjang Positif Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved