Percepatan Pencegahan Anak Kerdil, Pemkab Inhu Laksanakan Rembuk Stunting
Selasa, 29-06-2021 - 22:59:39 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Plt. Asisten Perekonomian dan Pemerintahan Setda Indragiri Hulu (Inhu), Syahrudin, mewakili Pj. Bupati menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rembuk Stunting dalam Rangka Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021, bertempat di Ruang Rapat Bappeda, Selasa(29/6/2021).

Acara ini juga di hadiri oleh tim koordinasi percepatan penurunan stunting Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Neng Kasmiati beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Julinarti, Kabid PMD Rudi Sumbari, Plt. Kepala Bappeda Sukarjo, Perwakilan Kemenag, perwakilan camat, lurah dan kades.

Kegiatan rembuk stunting ini fokus pada pelaksanaan percepatan pencegahan anak kerdil atau stunting tahun 2021 dan tahun 2022 di Kabupaten Indragiri Hulu.

Rembuk stanting merupakan suatu langkah yang di laksanakan pemerintah kabupaten untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama sama, antar perangkat daerah, penanggung jawab layanan dengan sektor atau lembaga pemerintah dan juga masyarakat. Hasil yang diharapkan dari kegiatan stunting ini adalah ditetapkannya komitmen bersama penurunan stunting di Kabupaten Indragiri Hulu.

Pj. Bupati Inhu dalam sambutannya yang disampaikan Syahrudin, menyampaikan bahwa hasil akhir dari rembuk stunting adanya kesepakatan dan komitmen para pihak terkait penanganan stanting di Kabupaten Indragiri Hulu secara kompetensi, menangani bersama dengan gotong royong.

"Bagi seluruh OPD mari kita memfokuskan terutama di tujuh kecamatan dan 10 desa, yakni Kecamatan Peranap Desa Pauh Ranap, Batang Peranap, Kecamatan Seberida Desa Bandar Padang, Kecamatan Rakit Kulim Desa Batu Sawar, Desa Talang Kedabu, Kecamatan Lirik Redang Seko, Kecamatan Lubuk Batu Jaya Desa Rakit Kulim, Kecamatan Rengat Barat Desa Pematang Jaya, dan Kecamatan Rengat Desa Rawa Bangun yang diharapkan di tahun 2022 secara bertahap dapat tuntas" ujarnya.

"Kami juga berharap dengan pertemuan baik sebelum dan sesudah kepada OPD yang hadir agar mendiskusikan kembali langkah-langkah dalam mendukung penurunan dan pencegahan stunting ini" tambah Syahrudin yang juga menjabat Kadis Koperasi dan UKM Kab. Inhu.

Selanjutnya Syahrudin mengatakan bahwa untuk ke depan apa yang menjadi bagian indikator percepatan penanggulangan pencegahan stunting bisa diselesaikan secara bertahap.

"Ucapan terima kasih kepada semua pihak, mudah-mudahan komitmen kita bagaimana menjelang akhir tahun ini progresnya semakin kelihatan dan bagi seluruh masyarakat memahami tentang stunting ini," harapnya.

Sementara itu Tim koordinasi percepatan penurunan stunting provinsi riau. Ning kasmiati mengatakan, dalam acara rembuk stunting kabupaten Indragiri Hulu sudah masuk ke rembuk ke 3.

Ada 8 aksi yang dilakukan yaitu analisa situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, perbup/perwapol, pembinaan kadar pembangunan manusia, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi data dan yang terkahir review kinerja.

“Sebenarnya ada 32 desa yang harus di intervensi karna menyakut dengan anggaran yang tersedia hanya dipilih 10 desa di 7 kecamatan,” sebut Ning Kasmiati.

“Mudah mudahan dengan kegiatan rembuk Stunting kita mempunyai tanggung jawab dalam hal menurunkan angka stunting di kabupaten Indragiri Hulu,” katanya.**/ril




 
Berita Lainnya :
  • Percepatan Pencegahan Anak Kerdil, Pemkab Inhu Laksanakan Rembuk Stunting
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved