Cara Detoks Tubuh Usai Santap Makanan Berlemak Saat Lebaran
Jumat, 14-05-2021 - 16:42:06 WIB
Rendang dan opor ayam
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Menu lebaran biasanya mengandung lemak dan kalori tinggi. Ada opor ayam, rendang, hingga gulai untuk ketupat. Lemak dan kalori tinggi ini bisa membuat tubuh bekerja terlalu keras untuk mencernanya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Kita akan merasakan perut penuh, begah, hingga cepat lelah. Tentu saja kondisi ini membuat tidak nyaman. Tetapi sebetulnya hal ini bisa diatasi dengan cara membersihkan tubuh atau disebut dengan detoks tubuh.

Detoks tubuh dengan mengkomsumsi makanan yang sifatnya bisa menurunkan rasa tidak nyaman tersebut. Dikutip dari Healthline, berikut 5 cara detoks tubuh alami setelah lebaran:

1. Air Putih
Air putih mendatangkan banyak manfaat sehat untuk tubuh selain sebagai pelepas dahaga.  Minum air putih yang cukup bisa mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi, hingga mendetoks tubuh dengan cara membuang 'limbah' yang ada pada darah.

Air mengangkut produk limbah dalam tubuh secara efisien, kemudian mengeluarkannya lewat buang air kecil, pernapasan, atau berkeringat. Jumlah yang disarankan sekitar 2,7 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria per hari.

2. Buah dan Sayur
Cara detoks tubuh alami bisa juga dengan memperbanyak asupan antioksidan. Sumber utamanya adalah ragam buah dan sayur.

Antioksidan membantu tubuh mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Juga menurunkan risiko berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi detoksifikasi.

Beberapa buah dan sayur tinggi antioksidan adalah ragam buah berry, jeruk, apel, pir, pisang, brokoli, tomat, hingga ubi merah.

3. Makanan Tinggi Prebiotik
Mengkonsumsi makanan sumber prebiotik bisa membuat sistem pencernaan sehat sehingga proses detoks dan kesehatan imun tubuh akan terpelihara.

Makanan prebiotik sendiri mengandung jenis serat yang akan 'memberi makan' bakteri baik dalam usus bernama probiotik. Sumber prebiotik yang paling terkenal adalah yogurt. Pilih jenis yang alami dan tidak mengandung banyak bahan tambahan.**/ara





 
Berita Lainnya :
  • Cara Detoks Tubuh Usai Santap Makanan Berlemak Saat Lebaran
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved