Pemerintah Naikkan Plafon KUR Tanpa Jaminan Menjadi Rp100 Juta
Kamis, 06-05-2021 - 10:14:41 WIB
Airlangga Hartarto
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah menetapkan beberapa perubahan kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang menjadi motor penggerak pembiayaan utama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat lesunya penyaluran skema kredit yang lain.

Karena itu pemerintah telah menetapkan beberapa perubahan kebijakan KUR, salah satunya kenaikan KUR tanpa jaminan darivRp50 juta  menjadi Rp100 juta. Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Saat ini porsi kredit UMKM baru mencapai 18,8 persen dari total kredit perbankan. Presiden meminta agar porsi itu ditingkatkan secara bertahap setidaknya menjadi lebih dari 30 persen di tahun 2024. Berdasarkan arahan tersebut pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM menambah subsidi bunga KUR dan mengubah kebijakan pelaksanaan KUR.

“Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang tambahan subsidi pada bunga KUR sehingga menjadi 3 persen selama 6 bulan 1 Juli 2021 sampai dengan 31 Desember 2021,” kata Airlangga.

Pemerintah pun menyediakan anggaran sebesar Rp4,39 triliun untuk perpanjangan tambahan subsidi bunga KUR selama jangka waktu tersebut. Adanya tambahan ini membuat total kebutuhan anggaran tambahan subsidi bunga KUR tahun 2021 menjadi Rp7,84 triliun.

Secara keseluruhan, kata Airlangga, realisasi penyaluran KUR sejak Januari 2021 sampai dengan 29 April 2021 mencapai sebesar Rp82,56 triliun atau 32,63 persen dari target tahun 2021 sebesar Rp253 triliun.

KUR ini diberikan kepada 2,28 juta debitur sehingga total outstanding KUR sebesar Rp252,92 triliun dengan tingkat Non Performing Loan (NPL) sebesar 0,71 persen.**/ara





 
Berita Lainnya :
  • Pemerintah Naikkan Plafon KUR Tanpa Jaminan Menjadi Rp100 Juta
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved