Klaster Tarawih, 22 Warga Bantul Positif Covid-19
Selasa, 04-05-2021 - 11:16:18 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Klaster Tarawih kembali terjadi, kini di Bantul, setelah 22 warga Kelurahan Murtigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta terkonfirmasi positif (Covid-19) tertular saat salat tarawih di masjid setempat.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso,  penularan bermula dari salah seorang warga yang tetap mengikuti kegiatan salat tarawih berjamaah meskipun memiliki gejala mirip Covid-19.

"Jamaah tersebut memeriksakan diri ke rumah sakit dan hasilnya positif Covid-19 pada tanggal 25 April. Kemudian yang bersangkutan meninggal dunia pada 27 April, karena memiliki beberapa penyakit penyerta atau komorbid," kata Sri, Selasa (4/5/2021).

Sri mengatakan Dinas Kesehatan Bantul dan puskesmas setempat langsung melakukan penelusuran terhadap kontak erat pasien tersebut, mulai dari lingkungan keluarga dan warga yang sempat melakukan interaksi. Dari tracing itu, istri yang bersangkutan dinyatakan terpapar Covid-19.

Selanjutnya, sebanyak 36 orang warga setempat diperiksa menggunakan metode tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasilnya 21 orang positif Covid-19. Dengan demikian, total sementara 22 orang positif Covid-19 dalam pusaran klaster tarawih di Bantul.

"Dari seluruh kontak erat dengan kasus pertama, sebagian besar mengalami gejala," kata Sri, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Menurut Sri, puluhan warga yang terpapar Covid-19 itu saat ini menjalani perawatan dan isolasi di lokasi milik Pemkab Bantul.

Sri mengingatkan kepada para warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Coviv-19, meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Wilayah tempat terjadinya kasus oleh lurah setempat sudah diberlakukan pembatasan yang sangat ketat. Masjid ditutup dan kegiatan-kegiatan warga ditiadakan sampai semua kasus sembuh," ujarnya.**/ra




 
Berita Lainnya :
  • Klaster Tarawih, 22 Warga Bantul Positif Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved