Cegah Karhutla, Tim Teknologi Modifikasi Cuaca Riau Ciptakan Hujan Buatan
Selasa, 28-07-2020 - 08:30:09 WIB
Foto ilustrasi dok
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Mulai tanggal 24 Juli 2020, Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) kembali melakukan operasi di Provinsi Riau dan menghasilkan sekitar 2,2 juta meter kubik hujan buatan. Ini adalah operasi yang ke 3.

BBTMC- BPPT mulai menerjunkan tim untuk melaksanakan siaga darurat karhutla di Riau melalui operasi TMC sejak pertengahan Maret lalu . Operasi TMC kedua dilaksanakan pada pertengahan Mei 2020.

Menurut Tri Handoko Seto, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBMTC-BPPT) dalam pernyataan persnya, operasi untuk menghasilkan hujan buatan itu bertujuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla yang rawan terjadi di Riau.

“Strategi pencegahan karhutla seperti ini sangat efektif sehingga tidak perlu menunggu terjadi kebakaran yang meluas dan sangat sulit bahkan nyaris tidak mungkin dipadamkan,” katanya.

Berdasarkan historis fluktuatif jumlah titik hotspot di wilayah Riau cenderung meningkat pada Maret dan periode puncak pada Agustus hingga September. Makanya bulan Juli tepat dilaksanakan operasi TMC.

Sementara Pelaksana Harian Kepala BBTMC, Sutrisno, mengatakan timnya telah memperoleh data ketinggian air tanah di lahan gambut. Berdasarkan instumentasi pemantauan Badan Restorasi Gambut (BRG) lebih dari 70 persen menunjukkan nilai rawan atau bahaya.

“Kondisi ini sudah terjadi sejak awal bulan Juli. Untuk itu perlu dilaksanakan upaya pembasahan kembali, salah satunya dengan teknologi modifikasi cuaca, agar ketinggian air tanah di lahan gambut dapat naik lagi,” katanya.

Menurut Sutrisno, operasi TMC Riau diaktifkan kembali atas arahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana selaku pemegang pendanaan kegiatan ini.***





 
Berita Lainnya :
  • Cegah Karhutla, Tim Teknologi Modifikasi Cuaca Riau Ciptakan Hujan Buatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved