Bawaslu Riau Terima Karangan Bunga Duka Matinya Demokrasi di Tangan PT Torganda
Sabtu, 17-04-2021 - 15:25:36 WIB
Karangan Bunga Duka untuk Bawaslu Riau
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Hari in, Sabtu (17/04/2021)

Aliansi Masyarakat Adat Rokan Hulu (AMA Rohul) mengirim karangan bunga ke Bawaslu Riau, dengan tulisan "Ikut Berduka atas Matinya Demokrasi di Tangan PT Torganda Rokan Hulu".

Karangan bunga tersebut menyikapi apa yang terjadi di Rokan Hulu (Rohul) menjelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tanggal 21 April 2021, sesuai putusan MK, PSU di 25 TPS yang bermasalah di dalam Kawasan perusahaan PT Torganda.

Panglimo Hulu Balang Nogori Datuk Alirman mengatakan, menghadapi PSU tersebut, PT Torganda justru mengeluarkan Intruksi pengumpulan KTP dan KK asli Karyawan yang terdaftar di DPT.

Hal ini tentu saja membuat semua orang terkaget, terutama AMA Rohul yang terdiri dari Hulu Balang Nogori, Forum Masyarakat Adat dan Forum Anak Kemanakan Rokan Hulu.

Menyikapi peristiwa ini, Datuk Alirman langsung membuat laporan secara Resmi ke Bawaslu RI, KPU RI, DKPP RI, dan MK. Datuk Alirman menjelaskan, apa yang dilakukan ini hanya bagian dari menegakkan Marwah Negeri.

"Sudah nyata kemaren diputuskan oleh MK bahwa di 25 TPS dinyatakan PSU karena adanya kecurangan dengan pola intimidasi terhadap hak suara karyawan. Hal ini kembali diulang oleh PT Torganda dengan memaksa mengumpulkan KTP dan KK asli melalui surat perintah intruksi Manajer, yang kemudian dijalankan oleh mandor pada level pimpinan paling bawah," katanya.

Datuk Alirman juga menyampaikan dalam laporannya, perilaku ini sudah berulang kali terjadi, namun penyelenggara dibawah seolah-olah tutup mata. Seperti adanya pembiaran, bahkan justru ikut bekerja sama terhadap kejadian yang ada.

Laporan Aliansi Masyarakat Adat yang disampaikan Hulu Balang Nogori Rokan Hulu, meminta Bawaslu dan MK membatalkan PSU, atau mendiskualifikasi Pemilih di 25 TPS tersebut, karena merusak suara pemilih yang sebelumnya dan tatanan Demokrasi di Rokan Hulu.

"Karangan bunga ini disampaikan ke Bawaslu Riau sebagai bentuk gagalnya penyelenggara di tingkat Kabupaten Rokan Hulum. AMA Rohul berharap Bawaslu Riau mengambil sikap tegas terhadap kejadian tersebut," kata Alirman.**/zi




 
Berita Lainnya :
  • Bawaslu Riau Terima Karangan Bunga Duka Matinya Demokrasi di Tangan PT Torganda
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved