Kasus Pembubaran Paksa Jaran Kepang, Enam Anggota FUI Medan Ditahan
Minggu, 11-04-2021 - 14:48:26 WIB
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Polrestabes Medan menahan enam anggota Forum Umat Islam (FUI) sebagai tersangka kasus pembubaran paksa jaran kepang Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara, yang berakhir dengan keributan.

Menurut Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Sabtu (10/4/2021), polisi juga telah mengamankan empat orang anggota FUI Medan lainnya dan masih menjalani pemeriksaan. Satu anggota FUI lainnya masih dalam pengejaran.

"Kita sudah mengamankan 10 orang, enam sudah kita tetapkan tersangka dan sudah ditahan, empat lagi statusnya dalam proses pemeriksaan dan satu orang lagi sedang kita cari untuk kita amankan," kata Riko.

Menurut Riko, dari pengakuan salah seorang tersangka berinisial S yang juga menjabat kepala lingkungan setempat, pembubaran itu merupakan inisiatifnya sendiri. S sempat mengajak 12 orang temannya membubarkan pertunjukan Jaran Kepang tersebut.

Sebelumnya, video sekelompok anggota Laskar Khusus FUI Medan sedang membubarkan jaran kepang di pada Jumat (2/4/2021) yang kemudian viral di media sosial.

Bahkan dari video yang beredar, anggota FUI meludahi salah seorang perempuan yang tidak terima pembubaran tersebut sehingga terjadi keributan antara warga dan anggota FUI Medan di lokasi.

"Pertunjukan seni budaya jaran kepang dianggap syirik lalu dibubarkan oleh FUI Medan. Beberapa saat kemudian salah satu anggota ormas tersebut maju dan meludahi wanita yang adu argumen. Sejumlah warga emosi dan kerusuhan terjadi," tulis pengunggah video.

Di sisi lain, Ketua FUI Kota Medan, Nursarianto membantah pembubaran jaran kepang. Dia menyalahkan Kepala Lingkungan (Kepling) setempat yang juga menjabat Komandan FUI Medan yang membubarkan acara itu.

"Saat melihat pertunjukan itu, kata Nursarianto, spontan Kepling yang mengenakan baju FUI Medan membubarkannya. Namun alasan pembubaran karena tidak ada izin dan melanggar kerumunan di masa pandemi Covid-19," katanya.***/zi/int




 
Berita Lainnya :
  • Kasus Pembubaran Paksa Jaran Kepang, Enam Anggota FUI Medan Ditahan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved