Makam Gul Baba Peninggalan Dinasti Ottoman di Hungaria Raih Penghargaan FIABCI
Sabtu, 25-07-2020 - 07:33:17 WIB
Makam Gul Baba
TERKAIT:
   
 

HUNGARIA - Makam Gul Baba, sebuah monumen era Ottoman di ibu kota Hungaria memenangkan dua penghargaan di Prix d'Excellence Awards 2020. Makam Gul Baba yang terletak di Budapest itu sepenuhnya direnovasi melalui kerja sama pemerintah Turki dan Hungaria pada tahun 2018.

Monumen itu memenangkan penghargaan emas dalam kategori Infrastruktur Publik dan penghargaan perak dalam kategori Warisan dari Federasi Real Estat Internasional (FIABCI) yang mengevaluasi proyek-proyek paling bergengsi dari seluruh dunia.

Makam tersebut dibangun oleh otoritas Ottoman di Hungaria pada 1543-1548 atas nama Gul Baba, seorang penyair darwis Bektashi Ottoman dan sahabat Sultan Suleiman I.

Makam tersebut telah menjadi salah satu tempat wisata paling penting di Budapest. Fakta Makam Gul Baba dianggap layak mendapat dua penghargaan dalam kompetisi yang sama menyoroti pentingnya pemulihan monumen internasional.

"Kami sangat bangga dan merasa terhormat Makam Gul Baba telah memenangkan dua penghargaan sekaligus pada platform internasional yang begitu penting," kata Presiden Yayasan untuk Perlindungan Warisan Makam Gul Baba Adnan Polat.

Dia mengatakan kebanggaan dan kehormatan adalah hasil dari keberhasilan bersama pemerintah Hungaria dan Turki, yang memulihkan struktur sejarah bersama dan berbagi banyak kesamaan di masa lalu serta nilai-nilai dan visi untuk masa depan.

Gul Baba sendiri wafat pada 2 September 1541, selama kampanye Budin oleh Suleiman Agung. Menurut catatan sejarah, Kanuni Sultan Suleyman secara pribadi menghadiri upacara pemakamannya.

Makam Gul Baba dibangun oleh Yahya Pasazade Mehmet Pasha, yang merupakan Budin Beylerbeyi ketiga pada 1543-1548. Monumen ''Penjaga Spiritual Budin" melambangkan persahabatan Turki-Hungaria dan terletak di distrik yang dikenal sebagai Rose Hill (Rozsadomb) di Budapest.***/rol




 
Berita Lainnya :
  • Makam Gul Baba Peninggalan Dinasti Ottoman di Hungaria Raih Penghargaan FIABCI
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved