Empat Sumber Ketenangan hidup Menurut Al Quran
Jumat, 09-04-2021 - 08:22:34 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Al Qur'an adalah penuntun dan penerang jalan bagi umat Islam, untuk dunia mau pun akhirat. Semua dengan jelas dijabarkan, tujuannya agar umatNya bahagia di dunia mulia di akhirat.

Hidup di dunia atau alam fana, manusia butuh ketengan agar tercapai kebahagiaan. Al Quran sudah mengaturnya dengan baik. Ada empat sumber ketenangan menurut Al Quran.

1. Rumah, Firman Allah SWT dalam surat An Nahl ayat 80, yang artinya:
ۙ
“Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit hewan tedurnak yang kamu merasa ringan (membawa)nya pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu (tertentu).”

Maka ketika sebuah rumah bisa dijadikan bagian dari keberkahan yang Allah berikan, maka rumah tersebut akan menjadi sumber ketenangan dan kebahagian penghuninya.

2. Malam, surat Yunus ayat 67 dalam Al Qur'an menyatakannya:

"menjadikan malam bagimu agar kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang-benderang. Sungguh, yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.”

Allah menciptakan malam sebagai waktu istirahat makhluk-makhluknya, sehingga mereka dapat merasakan ketenangan di dalamnya. Ketika waktu malam tiba, untuk mendapatkan ketenangan seorang Muslim bisa membaca Al Quran maupun berzikir.

3. Pasangan, Allah berfirman dalam surat Ar Rum ayat 21:  

“Dan di antara tanda-tanda
(kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Sebagaimana arti dari ayat di atas, pasangan adalah sumber ketenangan dan ketentraman bagi pasangannya. Tentu pasangan tersebut haruslah yang menjalani hidup seperti yang dituntun kan Al Qur'an. Suami adalah imam dengan hak dan kewajiban dan istri adalah pasangan yang menyenangkan dan patuh pada suami.

4. Berdoa, surat At Taubah ayat 103: 

"Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Dengan berdoa kepada Allah akan membuat hati lebih tenang dan tentram. Berdoa bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain, termasuk kepada mereka yang menerima sedekah dari kita.

Begitulah Al Qur'an menuntun dengan baik kehidupan umat Islam agar menjadi makhluk yang mulia.***/zi/int

 




 
Berita Lainnya :
  • Empat Sumber Ketenangan hidup Menurut Al Quran
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved