Pertama di Sumatera, Bupati Kampar Launching Aplikasi Desa Digital
Selasa, 06-04-2021 - 17:01:51 WIB
TERKAIT:
   
 

KAMPAR - Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melaunching Aplikasi Desa Digital berbasis Web dan Android dan diberi nama "Halaman Kampung" di Stadion mini Desa Sungai Petai Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Selasa(6/4/2021). Launching dilakukan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan piagam penghargaan dari Dandim 0313 KPR dan dari DPD Projo Riau atas inovasi dan karyanya sebagai desa digital pertama di Riau dan Sumatera.

Selain itu juga dilakukan penyerahan KIA sebanyak 62 buah dan penanaman pohon. Bupati didampingi Kepala Dinas (PMD) Febrinaldi Tridarmawan , Kadisdukcapil Muslim, Camat dan Kepala Desa Sungai Petai Riyan Adli dan Ketua Projo Riau Sony Silaban.

“Banyak keuntungan dari aplikasi ini, selain mempermudah serta bisa mempercepat kerja dan akurasi dalam melayani, bulan depan ada satu desa dalam satu kecamatan yang membuat terobosan seperti ini,” ungkap Catur. 

Aplikasi ini menurutnya mempunyai fitur dan modul yang dapat mempunyai berbagai fungsi, dapat digunakan oleh aparat desa untuk pelayanan warga, dan aplikasi ini mudah digunakan oleh semua kalangan, bisa di unduh melalui android.

"Saya berharap bulan depan ada 1 kecamatan lagi yang menggunakan aplikasi ini. Membangun desa nembangun Indonesia,"tambah Catur. 

Sementara itu Febrinaldi Tridarmawan berharap dengan adanya aplikasi ini nantinya bisa memberi pelayanan yang lebih baik dan cepat kepada masyarakat.

"Untuk saat ini inovasi desa digital merupakan langkah awal yang sangat positif. Mudah-mudahan langkah ini dapat mendorong Desa-desa lain di seluruh Kabupaten Kampar melakukan penerapan Desa Digital, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Kampar, " papar Febri

Kepala Desa Sungai Petai Riyan Adli menambahkan bahwa  aplikasi ini sudah dilakukan uji coba pada akhir tahun 2020 lalu dan memiliki fitur seperti layanan, fitur pengaduan Desa, serta Fitur berita dan info seputar desa dan fitur pasar digital.

Aplikasi ini merupakan hasil Inovasi para pemuda Desa sungai Petai. Aplikasi ini merupakan yang pertama di Kampar bahkan di Riau dan Sumatera.

"Program Desa Digital ini bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi masyarakat, sehingga terwujudnya transparansi pelayanan kepada masyarakat," terang Riyan.**/ril




 
Berita Lainnya :
  • Pertama di Sumatera, Bupati Kampar Launching Aplikasi Desa Digital
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved