Dugaan Sementara Kebakaran Kilang Pertamina Balongan karena Petir
Selasa, 30-03-2021 - 10:32:45 WIB
TERKAIT:
   
 

INDRAMAYU - Cecep Supriyatna, dari Unit Manager Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan. Tetapi dugaan sementara petir turut memicu kebakaran kilang Pertamina Indramayu.

"Sementara ini kita masih menduga (kebakaran disebabkan) terkena petir," ujar Cecep seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/3/2021).

Cecep juga belum menyampaikan secara detail kondisi terkini kilang Pertamina Balongan, namun api sudah dapat dilokalisasi agar tidak merambat ke tangki lainnya. Api yang melalap tangki di kilang Pertamina Balongan hingga berita ini diturunkan juga belum padam.

Kebakaran kilang Pertamina Balongan terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari, dimana sebelumnya dari penuturan warga sekitar lokasi mencium bau yang sangat menyengat pada Minggu (28/3/2021) malam.

Beberapa jam kemudian warga mendengar dentuman yang sangat keras disertai api yang membakar tangki kilang Pertamina Balongan.

Akibat kebakaran kilang Pertamina Balongan, seribuan warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman. Kebakaran itu juga menyebabkan 29 luka ringan dan enam lainnya luka berat.

Menurut Kapolda Jawa Barat, Ahmad Dofiri, pihaknya mendapat laporan mengenai kebocoran pada pipa tangki minyak yang terbakar di kilang minyak RU VI Balongan.

"Kami mendapatkan informasi tadi bahwa ada rembesan atau kebocoran di pipa tangki yang terbakar," katanya di Indramayu, Senin.

Kebocoran tersebut, menurut dia, juga diduga memicu terbakarnya tangki minyak di kilang minyak RU VI Balongan.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan penyebab kebakaran di kilang minyak Pertamina itu bukan karena sambaran petir.

"Berdasarkan alat monitoring lightining detector yang berlokasi di BMKG Jakarta dan BMKG Bandung dari pukul 00.00 hingga pukul 02.00 WIB, bahwa tidak terdeteksi adanya aktivitas sambaran petir di wilayah kilang minyak Balongan, Indramayu," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu, Rahmat Triyono.**





 
Berita Lainnya :
  • Dugaan Sementara Kebakaran Kilang Pertamina Balongan karena Petir
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #3 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved